Kembali Gelorakan Semangat Literasi, Dispersip Kalsel Adakan Gelar Wicara Virtual Bersama Faisal Oddang

Setelah sukses menyelenggarakan gelar wicara virtual bersama Najwa Shihab dan Ria Enes, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) kembali mengadakan acara serupa bersama penulis terkenal, Faisal Oddang, dengan tema “Kelas Menulis Cerita”, Senin (03/08/2020).

Sebelumnya, acara ini sempat diprogramkan secara safari di bulan April lalu, yang akhirnya tertunda akibat wabah virus corona. “Pandemi Covid-19 ini tak lantas membuyarkan rencana dan target kami. Saya rasa hanya cara dan strategi kami saja yang harus menyesuaikan dengan situasi dan kondisi, dengan tidak mengurangi semangat kami untuk menggelorakan literasi,” ungkap Hj. Nurliani, M.AP, Kepala Dispersip Kalsel, saat memberikan sambutannya secara daring.

Kegiatan ini ditujukan kepada pustakawan dan pemustaka di seluruh Indonesia, serta siapa saja yang berminat mempelajari dunia tulis-menulis, khususnya warga Kalsel. Di sedaring yang diikuti ratusan peserta ini, Faisal Oddang yang merupakan penulis puisi, cerpen dan novel nasional ini, berbagi dasar-dasar menulis cerpen dan bagaimana pengembangannya. “Kita akan belajar teknis-teknis penulisan cerita, di antaranya bagaimana teknis dasar pembuatan karakter, teknis dasar menciptakan alur, menciptakan situasi seakan-akan melibatkan pembaca, dan yang paling penting, adalah bagaimana melakukan pengeditan mandiri,” papar Faisal Oddang yang tersambung dari luar Pulau Kalimantan.

jurnalkalimantan.com