Kasih Wakili Kalsel di Lomba Bercerita Tingkat Nasional

Keluar sebagai juara pertama dalam lomba Bercerita tingkat SD/MI se-Kalsel, Aulia Kasih, wakili Kalsel dalam lomba Bercerita tingkat Nasional.
Harusnya lomba digelar di Jakarta, karena masih masa pandemi, lomba digelar daring. Dispersip Kalsel memfasilitasi penampilan Kasih di kantor yang terletak di jalan Ahmad Yani Km 6 Banjarmasin. Dari 34 provinsi di Indonesia, Kasih tampil dengan nomor urut 22.

Meski penampilan peserta dari berbagai daerah bagus -bagus, namun ia tetap berusaha memberikan penampilan terbaik. Kasih bersyukur, aksi panggungnya berjalan dengan lancar. Itu tak lepas dari bimbingan dari¬† pelatih dan guru kesenian yang bernama Mukti Benya. Ia mengaku rutin latihan Di Sanggar Benya Rindang Sebatung. “Latihan dari Januari sampai sebelum lomba,” ujarnya.

Dalam lomba ini, siswa kelas 3 SD Sungai Tau Kotabaru ini membawakan cerita¬† berjudul Gariwai Menumbak Babi. Cerita ini adalah karangan seniman Banua, Syamsir Seman. Banyak makna yang terkandung dalam cerita ini, diantaranya, mengajarkan anak-anak agar tidak berbohong dan jangan malas. “Cerita ini mengajarkan anak supaya tidak berbohong dan jangan berbohong,” timpal Mukti.

Kadispersip Kalsel, Hj Nurliani Dardie mengatakan, lomba seperti ini selain mencari bakat seni anak-anak Banua juga dapat menumbuhkan minat literasi di masyarakat. “Lomba seperti ini harus kita dukung, agar mereka bisa menjadi penerus seniman di Banua,” katanya.

Meski saingan cukup berat, jangan dlai mengecilkan semangat anak-anak untuk tampil, justru sebaliknya, harus didukung. “Kita harus optimis, biar semangatnya tinggi untuk juara,” cetusnya.

reportasekalimantan.com