Kantor Dispersip Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah Kebanjiran

Kantor Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) di Jalan Bhakti No 15  Barabai Provinsi kalimantan Selatan tak luput dari banjir. Hampir seluruh ruangan sudah dimasuki air mulai dari setinggi mata kaki hingga sedengkul orang dewasa.

Akibatnya, kota itu dikepung banjir di beberapa wilayah dan jalan utama. “Air masuk di semua ruangan, aktivitas perkantoran sementara berhenti,” ungkap, staf Dispersip yang tidak mau disebutkan namanya.

“Menurutnya, air mulai masuk ke dalam ruangan dan ini adalah kejadian pertama kalinya Kantor Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah di genangi air,” ungkapnya. “Lima belas tahun saya tinggal di sini, baru kali ini banjir sampai masuk ke dalam kantor. Banjir kali ini benar-benar parah,” bebernya.

Sementara itu menurut pantauan Liputan4.com, banjir yang terjadi di Kota Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Provinsi Kalimantan Selatan, Minggu (14/2/) sudah mulai surut. Banjir yang menggenangi Kota Barabai hingga kedalaman lebih dari 1,5 meter sejak Kamis (14/1/2021), kini mulai berkurang. Beberapa genangan di objek vital,  perkantoran, sudah surut. Genangan air masih ada namun tak lebih dari 30 sentimeter.

Genangan air tersebut berada di Jalan Brigjen Hasan Basri, kawasan Pasar Murakata, Pasar Keramat, Jalan Ir PM Noor, dan wilayah Bungur, serta Jalan H Damanhuri. Listrik juga sudah menyala sejak sore tadi. Meski demikian, warga masih kesulitan air bersih.

Dikatakan Rahmat, warga masih kesulitan air bersih. Terlebih air PDAM  HST belum juga mengalir. “Listrik sudah menyala. Jadi, air sumur bisa diambil dengan mesin. Sebelumnya, sulit. Tidak ada air bersih,” katanya. Lain halnya dengan Ifit warga Barabai yang mulai membersihkan rumahnya dari genangan lumpur

Lumpurnya banyak sekali. Kami membersihkan lantai dan perabotan. Kami berharap tidak ada lagi banjir,” katanya. “Sudah surut sejak Sabtu. Saat air dalam, sampai sepaha di dalam rumah. Kami bersyukur sudah bisa beraktivitas kembali,” bebernya.

sumber:liputan4.com