Jumlah Arsiparis Di Kalsel Memprihatinkan

Setiap tahun pada tanggal 18 Mei diperingat sebagai Hari Kearsipan Nasional. Namun dalam peringatan kali ini di Kalimantan Selatan persoalan minimnya jumlah Arsiparis dinilai masih sangat memprihatinkan. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan Dra. Hj. Nurliani Dardie menyampaikan kondisi sumber daya manusia dan sarana prasarana kearsipan di Kalsel masih sangat minim. “Meski dengan segala keterbatasan yang ada kami bergerak bersinergi untuk perlahan meningkatkan kuantitas maupun kualitas SDM serta sarpras Bidang Kearsipan,” ungkapnya, Senin (18/5/2020).

Pemprov Kalsel sebetulnya sudah mencanangkan Gerakan Sadar dan Tertib Arsip 2019, namun Ia tak memungkiri SDM Kearsipan Dispersip Kalsel saat itu jumlahnya hanya 6 orang. “Dispersip Kalsel berhasil mengantarkan Gubernur Sahbirin Noor mendapat penghargaan ANRI Award di penghujung Februari 2020 lalu di Surakarta,” terang wanita yang akrab disapa Bunda Nunung ini. Jumlah Arsiparis Dispersip kini hanya tinggal lima orang, ditambah pada Agustus mendatang satu orang akan menjalani masa pensiun sehingga kembali berkurang empat orang. “Dengan jumlah tersebut mungkin akan berat bagi mereka yang tersisa, sebab akan membina dan mengawasi 13 Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) Kabupaten/Kota, membina Unit Kearsipan seluruh SKPD lingkup Pemprov Kalsel, BUMD, organisasi massa dan organisasi politik di daerah,” bebernya.

Pihaknya pun sudah berusaha menyurati BKD Provinsi Kalsel untuk membuka formasi tambahan ASN guna mengisi jabatan fungsional Arsiparis. “Bahkan, komunikasi lisan sudah dilakukan dengan BKD, agar segera dicarikan solusi dan semoga ditanggapi serius,” cetusnya. Sementara diakui bunda nunung rencana peremajaan sarana dan prasarana gedung induk depo arsip yang dibangun di tahun 2018 telah dianggarkan sebesar Rp 15 miliar tahun 2020. “Anggaran sebesar Rp 15 miliar itu tidak digunakan karena refocusing sebagai dampak Pandemi Covid-19, kami masih sangat bersyukur dengan depo saat ini,” tandasnya.

rri.co.id