Juaranya Guru dari Kotabaru

Sempat tertunda, pemenang lomba karya tulis yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalsel akhirnya diumumkan, kemarin (8/6). Pemenang pertama diraih Dian Mardhika dari SMAN 1 Kotabaru. Naskah nomor 61 karyanya berjudul “Perpustakaan sebagai Ruang Instalasi Darurat Literasi”.

Pemenang kedua adalah naskah nomor 27 milik Abdul Salam dari SMKN 3 Banjarbaru. Judulnya “Eksistensi Perpustakaan Versus Media Sosial”.

Pemenang ketiga berjudul “Elegi dari Tumpukan Buku Berdebu, Sebuah Narasi Historis Perpustakaan SMAN 1 Rantau Badauh Batola, Tahun 1994-2020”. Penulisnya adalah Badrudin dari SMAN 1 Rantau Badauh, Kabupaten Barito Kuala.

Para pemenang mendapat ucapan selamat dari Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie. Bagi yang belum menang, jangan berkecil hati, tetap berkarya. “Yang belum menang, tetap terus berlatih menulis,” ujarnya.

Agar lebih fair, para juri yang terdiri dari Sumasno Hadi dari Sendratasik FKIP ULM, Sainul Hermawan dari Prodi PBSI FKIP ULM, dan Randu Alamsyah dari Radar Banjarmasin, sengaja mengganti nama penulis naskah dengan nomor.

Penentuan pemenang setelah para juri berembuk via online. Setelah melalui perdebatan yang cukup sengit dan menimbang banyak syarat dan kriteria, tim juri akhirnya sepakat memilih ketiga pemenang. “Keputusan tim juri tidak dapat diganggu gugat. Panitia tidak melayani surat-menyurat atau sanggahan keberatan terkait dengan keputusan ini,” cetusnya.

Juri juga memilih enam naskah yang menerima hadiah hiburan. “Guru-guru ini bisa menularkan ilmu menulis kepada murid-muridnya,” harapnya.

kalsel.prokal.co