Jelang Beroperasi, Perpustakaan Palnam Dan Siring Tendean Disterilkan

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan akan membuka kembali layanan perpustakaan Palnam dan Siring Tendean, pada Senin mendatang. Pembukaan layanan ini setelah lebih dari tiga bulan ditutup imbas dari Pandemi Covid-19. Sebelum dibuka, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel mensterilkan area perpustakaan Palnam dan siring Tendean, Jum’at (3/7/2020).

Ada 5.000 liter cairan disinfektan yang disemprot petugas. Adapun penyemprotan yang dilakukan mulai dari halaman depan sampai ke belakang, gazebo, ruang layanan Kids Library, hingga lantai 1 dan 2 ruang baca, ruang administrasi, pojok area rak buku, musholla, tempat duduk dan lain-lain.

Hal ini dilakukan sebagai tindak lanjut atas surat Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel selaku Ketua HarianGugus Percepatan Penanganan Covid-19 di Kalimantan Selatan Nomor : 360/603/BPPD/2020 tanggal 30 Juni 2020 tentang persetujuan pembukaan layanan Perpustakaan Palnam dan Tendean.

Berdasarkan surat tersebutlah Kepala Dispersip Kalsel mengajukan surat permohonan penyemprotan disinfektan dilingkungan Perpustakaan Palnam dan Tendean kepada Kepala BPBD Kalsel dengan Nomor : 443.2/3816/Dispersip tertanggal 2 Juli 2020 dan disetujui sehingga hari ini dilakukan penyemprotan disinfektan.

Kepala Dispersip Kalsel Nurliani Dardie mengatakan, hal ini dilakukan demi meningkatkan kenyamanan dan keamanan pengunjung ketika dibuka layanan kembali pada senin nanti. “Penyemprotan cairan disinfektan ini merupakan wujud kepedulian Dispersip kalsel untuk menjaga kesehatan dan keselamatan pengunjung dalam memberikan pelayanan yang terbaik” ucap Bunda Nunung sapaan akrabnya.

Dia pun berterimakasih kepada Plt. BPBD Kalsel dan Ketua Harian Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Kalsel yang telah mengizinkan Perpustakaan Palnam dan Tendean dibuka kembali dan dilakukan penyemprotan disinfektan.

Menurutnya, hal ini sebagai bukti bahwa Pemprov Kalsel serius melakukan pencegahan sesuai dengan protokol kesehatan, sekaligus sebagai promosi kepada pemustaka bahwa Perpustakaan Palnam dan Tendean telah melakukan langkah-langkah sesuai dengan protokol kesehatan sebelum membuka layanan pada Senin mendatang. “Harapannya pemustaka yang datang dapat mematuhi sesuai protokol kesehatan pada saat berkunjung ke Perpus Palnam dan Tendean sehingga mencegah lebih baik daripada mengobati akibat pandemi Covid-19,” tandasnya.

jejakrekam.com