Jadi Narasumber Talkshow Virtual Sumpah Pemuda, Danrem 101/Antasari Apresiasi Kinerja Dispersip Kalsel

Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-92, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan mengadakan talkshow virtual bertajuk “Pemuda dan Literasi”, Senin (26/10/2020).

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Komandan Resor Militer (Danrem) 101/Antasari, Brigjen TNI Firmansyah selaku narasumber. Selain itu, juga dihadiri oleh Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalsel, M. Syaripuddin, S.E., M.AP. Selain dua narasumber di atas, Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari, Prof. Dr. H. Mujiburrahman, juga menjadi narasumber meski tak berhadir secara langsung.

Di kesempatan itu, Danrem 101/Antasari juga sempat meninjau Perpustakaan Palnam, seperti ke perpustakaan anak, perpustakaan umum, hingga taman baca di luar ruangan, di Jalan Jenderal Achmad Yani Kilometer 06, Banjarmasin. Dalam tinjauannya, ia sangat meapresiasi kinerja dan upaya Dispersip Kalsel dalam meningkatkan budaya literasi di Banua. Ia pun dengan senang hati berkenaan menjadi anggota Perpustakaan Palnam dan mendapatkan kartu anggota. “Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalsel membantu mencerdaskan masyarakat Banua, mantap!” pujinya usai menerima kartu anggota.

Dalam materinya, Brigjen TNI Firmansyah menyampaikan, pemahaman literasi yang tinggi tentunya sangat dibutuhkan, terlebih lagi dalam menghadapi Covid-19, literasi yang rendah bisa berdampak kepada perilaku, sehingga bisa berisiko dan memperburuk kesehatan. “Jangan panik dan gunakan nalar kritis dalam melihat, mendengar dan membaca informasi tentang Covid-19, mencari tahu secara mendalam cara mencegah, menghindari dan mengobati jika terpapar. Bantu kerja Satgas Covid-19 dengan bersikap ramah, peduli dan empati pada dokter, tenaga medis, TNI-Polri, termasuk kepada pasien dan jenazah Covid,” paparnya.

Sementara, Kepala Dispersip Kalsel, Hj Nurliani, dengan datangnya Danrem 101/Antasari, kedepannya Dispersip siap untuk bersinergi bersama jajaran Korem 101/Antasari untuk mendekatkan buku kepada masyarakat, terlebih di pedesaan hingga lokasi lainya yang sulit dijangkau. “Kami memohon kerjasama dan sinergi dengan TNI, karena kami sadar, bahwa untuk membumikan literasi itu perlu upaya yang masif dan terus-menerus, serta melibatkan banyak pihak. Alhamdulillah disambut positif oleh Pak Danrem, awal 2021 kami siap merealisasikannya,” tutup Bunda Nunung, sapaan akrab Kadispersip Kalsel.

banaranmedia.com