Inovatif, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalsel Jadi Contoh Perpustakaan Daerah

Puluhan pimpinan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah dari 13 kabupaten/kota se Kalimantan Selatan mengunjungi kantor Dispersip Kalsel, Jumat (26/7/2019).

Kunjungan  tersebut merupakan agenda Diklat pelatihan manajemen  perpustakaan yang dilaksanakan Pepurnas, untuk melihat kinerja dan fasilitas Dipersip Kalsel, yang diharapakan bisa diterapkan di daerah masing masing para peserta,” kata Kepala Bidang Pelayanan dan Perpustakaan Kalsel Wildan Akhyar kepada awak media.

Sejumlah fasilitas favorit yang diperlihatkan, mulai dari perpustakaan anak, taman edukasi, hingga pelestarian bahan pustaka.

Sementara itu, satu dari peserta diklat perpustakaan daerah asal Kabupaten Kotabaru Sofian Hamid menuturkan, dari kunjungan ini sangat banyak ilmu yang bisa diserap terutama untuk pengembangan program diinstansi mereka.

“Karena kami selama ini kurang mengetahui penganggaran seperti apa, buku yang tepat harus dibeli seperti apa, nah sekarang sudah terang,” tuturnya.

Selain itu dirinya merasa kunjungan ini sangatlah berkesan baginya, karena banyak melihat hal yang inovatif dan dan pelayanan yang sangat baik dari Dipersip.

“Banyak yang bisa ditiru, yang jelas disini banyak hal yang inovatif, terutama pelayanan anak yang sangat bekesan bagi kami,” tambahnya.

Saat ini perpustakaan daerah dinilai masih sangat minim minat baca, karena fasilitas yang disediakan kurang mendukung, dengan adanya gagasan dan inovasi,  diharapkan mereka mampu menerapkannya agar masyarakat lebih menggemari budaya membaca.

 

sumber : rri.co.id