INLISLite

INLISLite merupakan perangkat lunak (software) aplikasi otomasi perpustakaan yang dibangun dan dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) sejak tahun 2011.

Penamaan INLIS diambil dari kata Integrated Library System, nama dari perangkat lunak manajemen informasi perpustakaan terintegrasi yang dibangun sejak tahun 2003 untuk keperluan kegiatan rutin pengelolaan informasi perpustakaan di internal Perpusnas RI, khususnya untuk kepentingan pembangunan pangkalan data Katalog Induk Nasional (Union Catalog) yang lengkap dan dapat diakses melalui Internet secara cepat dan mudah oleh pengguna perpustakaan di manapun.

Di Indonesia sendiri pada saat itu penerapan teknologi informasi perpustakaan masih sangat heterogen, dan melihat bahwa INLIS dapat digunakan untuk mendukung pelaksaan berbagai tugas di perpustakaan, maka INLIS dikembangkan sebagai sebuah sistem perpustakaan yang lebih komprehensif dan terpadu.

Seiring dengan perkembangan dunia perpustakaan, khususnya di Indonesia, Perpusnas memandang perlu untuk memfasilitasi semangat pengelola perpustakaan di seluruh daerah untuk memulai menerapkan otomasi perpustakaan menuju terwujudnya perpustakaan digital, maka Perpusnas berinisiatif untuk mendistribusikan perangkat lunak ini dalam versi yang lebih ringan dengan nama INLISLite.

 

MANFAAT INLISLITE

  • Membantu pengembangan otomasi perpustakaan di seluruh Indonesia.
  • Sebagai tool perpustakaan digital untuk mengelola koleksi full-text dan multimedia.
  • Membantu dalam pembentukan katalog elektronis berbasis MARC untuk Indonesia (INDOMARC).
  • Melaksanakan program nasional yang diamanatkan kepada Perpusnas RI untuk menghimpun data koleksi nasional dalam sebuah Katalog Induk Nasional (KIN) dan Bibliografi Nasional Indonesia (BNI) dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
  • Membantu pembentukan Katalog Induk Daerah (KID) dan Bibliografi Daerah (BiD) yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Umum Provinsi bersama mitra kerjanya di tingkat Kabupaten dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

 

SEJARAH INLISLITE

Perpustakaan Nasional membuat software aplikasi perpustakaan bernama INLIS (Integrated Library System) dan INLISLite untuk penyeragaman antara pusat dan daerah. INLISLite adalah hasil pengembangan dari INLIS dan yang sebelumnya adalah QALIS (Quadra Library System). INLISLite juga merupakan versi yang lebih ringan.

INLISLite versi awal dibangun pada tahun 2011 yang penyebarannya dilakukan melalui bantuan perangkat keras dan lunak otomasi perpustakaan kepada instansi perpustakaan umum pemerintah daerah kabupaten/kota terpilih di seluruh Indonesia.

Pengembangan dan penyempurnaan dilakukan secara berkesinambungan hingga muncul versi 2.1.2 pada tahun 2014 yang telah memiliki banyak fitur tambahan sesuai dengan kritik, saran dan masukan dari pengelola perpustakaan yang menggunakan.

Sampai dengan versi 2.1.2, target penggunaan program aplikasi INLISLite masih ditujukan kepada jenis perpustakaan umum. Tetapi pada perjalanannya, inisiatif sosialisasi program aplikasi INLISLite versi 2.1.2 telah banyak dilakukan oleh perpustakaan umum daerah sebagai salah satu pelaksanaan peran pembinaan yang diemban dalam mengembangkan perpustakaan-perpustakaan yang ada di wilayahnya. Di sisi lain, muncul pula tuntutan dari pengelola perpustakaan sekolah dan perguruan tinggi agar dalam melakukan pengembangan program aplikasi INLISLite, Perpustakaan Nasional RI juga memperhatikan kebutuhan mereka akan sarana pengelolaan perpustakaan terotomasi ini. Lebih dari itu, sebagai perpustakaan pembina di tingkat nasional, Perpustakaan Nasional RI juga diharapkan dapat memfasilitasi kebutuhan otomasi untuk perpustakaan khusus seperti perpustakaan instansi, perpustakaan rumah ibadah, perpustakaan pribadi dan sebagainya.

Berdasarkan kritik, saran, masukan, dan permintaan dari pengelola berbagai perpustakaan di seluruh nusantara, serta pertimbangan akan pentingnya keberlanjutan program Perpustakaan Nasional RI dalam menghimpun koleksi nasional dan mendorong pengembangan perpustakaan digital di seluruh Indonesia, maka pada tahun 2015 dilaksanakanlah pengembangan program aplikasi INLISLite versi 3 sebagai penerus dari versi sebelumnya.

Versi terbaru INLISLite adalah versi 3 yang dikembangkan pada tahun 2016. INLISLite versi 3 merupakan pengembangan lanjutan dari perangkat lunak (software) aplikasi otomasi perpustakaan INLISLite versi 2.1.2 yang dibangun dan dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional RI (Perpustakaan Nasional RI) sejak tahun 2011.

INLISLite versi 3 dikembangkan sebagai perangkat lunak satu pintu bagi pengelola perpustakaan untuk menerapkan otomasi perpustakaan sekaligus mengembangkan perpustakaan digital / mengelola dan melayankan koleksi digital.

 

INLISLITE VERSI 3

INLISLite versi 3 merupakan pengembangan lanjutan dari perangkat lunak aplikasi otomasi perpustakaan INLISLite versi 2.1.2 yang dibangun dan dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional RI sejak tahun 2011.

INLISLite versi 3 dikembangkan sebagai perangkat lunak satu pintu bagi pengelola perpustakaan untuk menerapkan otomasi perpustakaan sekaligus mengembangkan perpustakaan digital / mengelola dan melayankan koleksi digital.

 

 

KARAKTERISTIK INLISLITE

  • Mengikuti standar metadata MARC (MAchine Readable Cataloguing) dalam pembentukan katalog digitalnya.
  • Berbasis Web (web-based application software), di mana dalam pengoperasiannya menggunakan aplikasi browser Internet yang umum digunakan untuk menjelajahi informasi di Internet.
  • Instalasi perangkat lunak INLISLite cukup dilakukan pada satu komputer yang difungsikan sebagai pangkalan data (server). Pengoperasian aplikasi cukup dilakukan melalui komputer kerja (workstation) dengan cara mengkoneksikannya melalui perangkat jaringan komputer, baik secara lokal (local area network), antar wilayah (wide area network), maupun Internet.
  • Dapat dioperasikan secara bersamaan dalam satu waktu secara simultan (multi user ready).
  • Bebas pakai / gratis (freeware dan opensource).

 

PLATFORM INLISLITE VERSI 3

INLISLite versi 3 dibangun dalam dua pilihan platform bahasa pemrograman, yaitu:

  1. DotNet Framework, yang dapat diinstalasi pada komputer bersistem operasi Windows.
  2. PHP (opensource), yang dapat diinstalasi pada komputer bersistem operasi Windows dan Linux.

 

INLISLITE DISPERSIP PEMPROV. KALIMANTAN SELATAN

DISPERSIP Kalimantan Selatan sudah menggunakan aplikasi INLIS sejak lama, di mulai dari INLISLite versi 2.1.2, kemudian migrasi ke versi 3.0, dan yang paling terbaru adalah versi 3.1 yang berjalan pada sistem operasi Linux (CentOS 7 64bit). Semua proses (migrasi, instalasi, setting dan konfigurasi server Linux) dikerjakan sendiri oleh IT DISPERSIP Kalimantan Selatan. INLISLite DISPERSIP Pemprov. Kalimantan Selatan dapat diakses dengan alamat https://inlislite.kalselprov.go.id/.

 

INDONESIA ONESEARCH (IOS) DISPERSIP KALIMANTAN SELATAN

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPERSIP) Provinsi Kalimantan Selatan adalah institusi perpustakaan pertama yang bergabung dengan Indonesia OneSearch (IOS). Kami langsung bergabung sesaat setelah acara peluncuran IOS selesai dilaksanakan, tepatnya pada tanggal 1 Maret 2016 di Perpusnas RI – yang dibantu secara langsung oleh sang founder, yaitu Ismail Fahmi, PhD. IOS DISPERSIP Kalimantan Selatan dapat diakses dengan alamat http://onesearch.id/Repositories/Repository?library_id=2638.

 

Sumber: https://blog.ub.ac.id/sydestya/author/syarifahdestya/