Ini Kendala – Kendala Yang Masih Dihadapi Oleh Perpustakaan Daerah

Perpustakaan adalah salah satu media memasyarakatkan minat baca masyarakat, namun sayangnya tenaga pustakawan masih kurang dan akreditasi perpustakaan sekolah belum merata.

Hal di atas disampaikan Sekreteris Utama Perpustakaan Nasional yang juga Ketua Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI), Drs Dedy Junaiedi MSi pada Seminar Pustakawan Indonesia Kalsel 2017 di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel, Selasa (12/12).

“Tenaga pustakawan di Indonesia masih kurang dan minat baca masih rendah. Akreditasi perpustakaan sekolah mulai tingkat SD sampai perguruan tinggi belum merata,” ujarnya.

Kegiatan itu bertema Profesionalisme Pustakawan dalam Mendukung Akreditasi Perpustakaan. Pesertanya para pustakwan dari kabupaten dan kota se-Kalsel.

Kepala Dispersip Kalsel Hj Noorliani Dardie, menyatakan, setiap tahun harus ada seminar untuk menambah wawasan para pustakawan.

“Saya senang ada pembinaan dari pusat dan kami support IPI Kalsel dalam rangka percepatan tumbuh kembang minat baca dan meningkatkan sumber daya pustakawan Kalsel baik dari segi kuanitas maupun kualitas,” ungkapnya.

 

Sumber : Tribun Banjarmasin