Hari Kerja dan Akhir Pekan Perpustakaan Palnam Ramai Pengunjung

Gedung perpustakaan yang terus diperindah dan dilakukan pembenahan sejak beberapa tahun terakhir, membuat kunjungan pustakawan terus mengalir di Perpustakaan Palnam. Hal ini terlihat sejak hari kerja hingga akhir pekan, kawula muda maupun orang tua yang membawa anak, turut mendatangi sumber pusat belajar di Jalan Ahmad Yani kilometer 06 Kota Banjarmasin tersebut.

“Alhamdulillah pada akhir pekan maupun hari biasa, perpustakaan kita tetap ramai pengunjung,” ungkap Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Hj. Nurliani, melalui siaran persnya, Ahad (06/06/2021).

Walaupun banyak pengunjung, petugas pelayanan di tempat ini diinstruksikan mengajak yang datang untuk menerapkan protokol kesehatan (prokes), mulai dari mencuci tangan, memeriksa suhu tubuh, menjaga jarak, hingga membatasi pemustaka.

“Prokes tentu tidak boleh abai, petugas dan masyarakat diharapkan dapat sama-sama menjaga, karena kita masih dilanda pandemi Covid-19,” tambah Bunda Nunung (sapaan akrab Kadispersip Kalsel).

Setiap hari pihaknya hanya menerima kunjungan sebanyak 100 pemustaka, jika kelebihan, diharuskan bergantian, dengan menunggu pengunjung yang pulang, atau pemustaka membaca di taman atau di luar ruangan yang tersedia.

Seperti diketahui, gedung perpustakaan yang berbentuk Rumah Banjar ini, memiliki layanan perpustakaan umum dan anak, hingga banyak pencari referensi dari kalangan mahasiswa dan pelajar, termasuk orang tua yang membawa anaknya untuk berwisata literasi.

Perpustakaan Anak Palnam

Terletak di dekat perbatasan Kota Banjarmasin dan Kabupaten Banjar, menjadi lokasi strategis bagi waga Banjarmasin dan sekitarnya, untuk dapat menikmati fasilitas lengkap milik pemerintah ini secara gratis.

Sebagai informasi, pelayanan di tempat ini buka setiap hari, Senin–Kamis pukul 09.00–15.00 WITA, Jumat pukul 09.30–11.30 WITA, Sabtu dan Ahad pukul 09.00–17.00 WITA, dan libur di hari besar nasional.

Sumber:jurnalkalimantan.com