Hari Kearsipan ke-50, Kalsel Incar Predikat Memuaskan

Hari Kearsipan yang diperingati setiap tanggal 18 Mei, merupakan hari yang sangat penting dan bersejarah bagi insan kearsipan nasional, yang mana tahun 2021 ini telah memasuki usia 50 tahun, sehingga turut dijadikan momentum Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) untuk meningkatkan predikat di bidang kearsipan.

Apalagi di tahun 2020, Kalsel telah mendapat predikat sangat baik dari Kearsipan Nasional, pada peringkat nilai hasil pengawasan kearsipan instansi pemerintah tingkat daerah. “Kita masih ingin memperbaiki peringkat. Tahun lalu predikat sangat baik, semoga tahun selanjutnya dapat meningkat menjadi kategori memuaskan, atau setidaknya dapat mempertahankan,” ungkap Kepala Dispersip Kalsel Hj. Nurliani, melalui siaran persnya, Selasa (18/05/2021).

Penghargaan yang diberikan setiap tahun oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tersebut, menjadi motivasi Dispersip Kalsel untuk terus meningkatkan kualitas kearsipan di Banua, guna mendukung terciptanya arsip yang autentik dan terpercaya, mendukung terwujudnya penyelenggaraan negara, khususnya pemerintahan yang baik dan bersih, guna peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Untuk mendapatkan itu, upaya kita meningkatan kuantitas dan kualitas sarana prasarana serta SDM yang harus kita dipenuhi, kita siap mengambil langkah untuk hal itu,” tambah Bunda Nunung (sapaan akrab Hj. Nurliani).

Tahun 2021 ini merupakan tahun emas kearsipan, mengkat tema ‘Satukan Langkah Mewujudkan Arsip Digital’ yang menggambarkan proses transformasi digital kearsipan yang sedang berlangsung di Indonesia.

Sumber:jurnalkalimantan.com