Hari Buku Nasional, Kadispersip Kalsel : Komitmen Kami Meningkatkan Minat Baca

Peringatan Hari Buku Nasional tahun ini yang diperingati setiap tanggal 17 Mei memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena adanya wabah covid-19. Meski demikian tidak menurunkan semangat Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispersip)  daerah Kalimantan Selatan  (Kalsel) untuk mengajak masyarakat mencintai buku. Kadispersip Kalsel, Hj Nurliani Dardie  mengungkapkan meningkatkan minat baca di kalangan masyarakat Kalsel memang sudah menjadi komitemen dan tugasnya.

Menurutnya, setiap orang jika ingin memiliki kualitas diri lebih dari yang lain haruslah memiliki pengetahuan yang luas dan salah satu caranya dengan membaca buku. “Siapapun kita, apapun profesi kita entah ASN,  pegawai swasta, pelajar,  mahasiswa bahkan ibu rumah tangga sekalipun, jika  ingin diperhitungkan maka harus punya kualitas yang lebih dan  untuk menjadi yang  berkualitas mau tidak mau harus banyak membaca,” ucapnya kepada wartawan Wartaniaga.com, Sabtu (16/5) sore. Ia  menambahkan, Dispersip Prov Kalsel secara aktif dan masif  terus-menerus mengkampanyekan minat baca di Banua. “ Tidak hanya di moment Hari Buku Nasional maupun  Hari Buku Internasional saja, tetapi setiap saat,” ungkap wanita yang lebih akrab di sapa Nunung ini.

Peningkatan minat baca ini sejalan dengan Visi Misi Kalsel 2016-2021 yang salah satu prioritasnya Kalsel Cerdas. Karena itu sudah merupakan tugas kami terlebih dikaitkan dengan Pembangunan Nasional yaitu  SDM Unggul. “Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor  sudah mencanangkan Gerakan Kalsel Membaca pada 30 Maret 2017 yang lalu,” jelasnya. Bagi Nunung, ini  merupakan sebuah tantangan sekaligus peluang bagi Dispersip Prov Kalsel dalam mendukung dan newujudkan Visi Misi Kalsel 2016-2021 yang salah satunya adalah mengembangkan Sumber daya manusia yang agamis, sehat, cerdas dan terampil. “Supaya cerdas harus banyak membaca, disitulah pentingnya membaca. Dan sebisa mungkin diajarakan sejak dini kepada anak-anak kita,” ajaknya.

Bahkan, sambung Nunung demi tetap menjaga semangat rajin membaca pihaknya telah membuat aplikasi digital untuk mempermudah masyarakat membaca buku-buku yang ada di perpusatakaan daerah Km 6 Banjarmasin. “Membaca saat ini lebih mudah dan gampang,  sesuai dengan kemajuan teknologi Dispersip Kalsel telah manyediakan cara mudah untuk membaca lewat  aplikasi iKalsel, kini membaca bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja cukup lewat ujung jari,” paparnya. Untuk itu, di musim pandemik sekarang ini, dirinya mengajak masyarakat  mengunduh aplikasi iKalsel yang menyediakan berbagai fasilitas serta kemudahan untuk membaca buku-buku milik perpusatakaan Kalsel. “ Alhamdulillah grafik pengunduhnya meningkat terus, semoga ini bisa menjadi salah satu motivasi masyarakat Kalsel meningkatkan minat baca,” harapnya.

wartaniaga.com