Hari Buku Nasional, Hj Nurliani: Ayo Tingkatkan Membaca dan Mencintai Buku

Diperingati setiap tanggal 17 Mei, para penikmat buku merayakan momen bersejarah yang disebut dengan Hari Buku Nasional, Minggu (17/05/2020). Walaupun perayaan tahun ini menjadi berbeda karena adanya pandemi Covid-19, namun tidak menyurutkan semangat Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispersip)  Daerah Kalimantan Selatan  (Kalsel) untuk mengajak masyarakat mencintai buku. Kadispersip Kalsel, Hj Nurliani Dardie mengatakan, meningkatkan minat baca di kalangan masyarakat Kalsel memang sudah menjadi komitmen dan tugasnya.

Menurutnya, setiap orang jika ingin memiliki kualitas diri lebih dari yang lainharuslah memiliki pengetahuan yang luas, dan salah satu caranya dengan membaca buku. “Karena itu sudah merupakan tugas kami terlebih dikaitkan dengan pembangunan nasional yaitu  SDM Unggul. Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor sudah mencanangkan Gerakan Kalsel Membaca pada 30 Maret 2017 lalu,” ujarnya.

Dia menegaskan, siapapun dia, apapun profesinya entah ASN, pegawai swasta, pelajar, mahasiswa bahkan ibu rumah tangga sekalipun, jika ingin diperhitungkan maka harus punya kualitas yang lebih dan untuk menjadi yang berkualitas mau tidak mau harus banyak membaca. “Membaca saat ini menjadi lebih mudah seiring kemajuan teknologi karena Dispersip Kalsel telah menyediakan layanan aplikasi membaca yakni aplikasi iKalsel, yang dapat memudahkan si pembaca untuk membaca dimanapun dan kapanpun,” paparnya.

Oleh karena itu di musim pandemi ini, Dispersip Kalsel mengajak masyarakat untuk mengunduh aplikasi iKalsel untuk kemudahan masyarakat dalam  membaca buku-buku yang ada di perpustakaan Kalsel. “Semoga ini bisa menjadi salah satu inspirasi untuk memotivasi masyarakat Kalsel dalam meningkatkan minat baca,” harapnya.

riliskalimantan.com