Harganas, Anak Panti Asuhan (PSAA) Budi Mulia Banjarbaru Dihibur Kak Bimo

Mengisi Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-26 tahun 2019, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan membuat kejutan yang tidak disangka para anak-anak yang berada di Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA) Budi Mulia Banjarbaru, Jum’at (05-07-2019) sore.

Maklum saja, ditengah para penghuni panti sedang beristirahat, dinas yang dipimpin Nurliani Dardie menghadirkan Bambang Bimo Suryono atau yang akrab disapa Kak Bimo untuk berdongeng.

Mengambil tema dongeng tentang menghidupkan tradisi berkisah Qurani, Nabi Serta dongeng Islami, Kak Bimo berdongeng hampir satu jam lebih dan disambut gembira anak panti.

“Sebagai pendongeng, saya merasakan sedang berada di tempat yang paling tepat, saat berada di panti asuhan ini, ada ratusan pasang mata anak-anak, yang sebelumnya tampak memiliki beban berbagai macam persoalan itu, bisa berubah menjadi binar dan tertawa lepas,” ujar Kak Bimo saat menceritakan perasaan nya usai berdongeng.

Benar saja, ditengah alur dongeng yang disampaikan Kak Bimo, para penghuni panti dari berbagai umur ini hanyut dengan kisah jenaka.

“Saat melihat mereka gembira seperti itu, maka saya merasa mendapatkan anugerah yang lebih mahal dari dunia dan seisinya, ini adalah hadiah ekstra yang indah dari Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimatan Selatan,” papar Kak Bimo.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan, Nurliani Dardie mengungkapkan bahwa pemberian kejutan dengan menghadirkan pendongeng Kak Bimo ke panti asuhan merupakan nazar dirinya sebagai balasan kunjungan yang telah dilakukan pihak panti ke perpustakaan Provinsi di kawasan Jalan A. Yani Km.06 Banjarmasin.

“Anak-anak panti sebelumnya telah mengunjungi perpustakaan, dan berencana ingin menghadiri kegiatan berdongeng Kak Bimo pada Sabtu (06-07-2019) namun karena semua kendaraan bermotor dinas yang dimiliki dipakai untuk tamu Harganas hal tersebut diurungkan, jadi saya langsung meminta Kak Bimo untuk memberi kejutan yakni kenapa tidak kita yang langsung hadir ke panti asuhan dan direspon positif,” jelas bunda Nunung (sapaan akrab Nurliani Dardie,red).

Dengan menghadirkan berdongeng melalui pendongeng Kak Bimo, tambah  Nurliani Dardie, merupakan peran serta pihak nya mensukseskan pelaksanaan Harganas ke-26 tahun 2019 yang tahun ini Provinsi Kalimantan Selatan dipercaya sebagai tuan rumah.

“Dengan mendongeng merupakan salah satu cara untuk dapat memberikan nasehat positif kepada anak, di Harganas inilah kami berkontribusi mendukung gelaran nasional ini dengan menghadirkan Kak Bimo untuk berdongeng, baik saat kegiatan di kawasan perkantoran Pemprov Kalimantan Selatan dan saat ini di panti asuhan Budi Mulia,” papar Nurliani Dardie.

Sementara itu, Sri Wahyuni, kepala Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA) Budi Mulia Banjarbaru mengungkapkan rasa terimakasih nya atas kejutan yang diberikan pihak Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan.

“Bisa dilihat tadi anak-anak sangat bahagia, dan berdongeng ini kegiatan yang pertama kalinya dihadirkan ke panti karena sebelum-sebelumnya tidak pernah ada. Mudah-mudahan kegiatan seperti ini dapat disinergisitaskan lagi sehingga anak-anak dapat terhibur dan bahagia” pinta Sri singkat.

 

Sumber : telusur.co.id