Hadirkan Pusling dan Pendongeng, Dispersip Kalsel Meriahkan ODFC di PSAA Banjarbaru

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), membawa mobil perpustakaan keliling (Pusling) dan pendongeng cerita rakyat, guna mendukung kegiatan One Day for Children (ODFC) di Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA) “Budi Mulia” Banjarbaru, yang antusias diikuti para anak, Senin (09/11/2020).

Kedatangan Tim Pusling Palnam ini merupakan permintaan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kalsel, melalui surat resminya, untuk memeriahkan kegiatan ODFC yang dihadiri 100 anak penghuni PSAA Budi Mulia, serta undangan.

Kegiatan berlangsung meriah, karena menghadirkan pendongeng berpengalaman dari Dispersip Kalsel, yang menceritakan tentang cerita rakyat Kalsel dengan berbahasa Banjar. Tujuan ODFC tersebut, selain mendukung visi pertama “Kalsel Cerdas” dari Gubernur Kalsel, juga untuk memberikan semangat dan motivasi membaca, serta memperkaya wawasan anak-anak agar lebih gemar membaca dan mengetahui cerita-cerita daerah Kalsel.

Kepada Dispersip Kalsel, Dra. Hj. Nurliani, M.AP., sangat mengapresiasi kegiatan ini, dan berterima kasih telah dipercaya untuk mengisi kegiatan ODFC, yang merupakan sinergisitas untuk meningkatkan minat baca di kalangan anak-anak, dan merupakan wahana untuk lebih mencintai cerita-cerita lokal, yang memang banyak mengandung tentang kearifan dan kebersamaan untuk bersosialisasi di masa sekarang.

Selain itu, Kepala Dinsos Kalsel, yang diwakili Kepala PSAA, Sri Mulyani, juga mengucapkan terima kasih atas kesediaan Dispersip Kalsel yang telah berkenan memeriahkan kegiatan ODFC. “Kami harap kerjasama ini bisa terus berlanjut, agar dapat meningkatkan minat baca dan kreativitas penghuni PSAA Budi Mulia Banjarbaru,” tutup Sri Mulyani.

jurnalkalimantan.com