Giliran Kang Abik Berbagi Ilmu di Dispersip Kalsel

Terobosan demi terobosan dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel untuk menggunggah minat baca masyarakat di provinsi ini.

Setelah pembawa acara Mata Najwa, Najwa Shihab, dan beberapa artis papan atas di layar kaca, kini giliran penulis Habiburrahman El Shirazy atau lebih akrab disapa Kang Abik, didatangkan untuk berbagi ilmu.

Meet & Greet yang digelar di Aula Dipersip Kalsel Km 6 ini, tak pelak lagi dihadiri puluhan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Banjarmasin.

“Kegiatan ini tentang membaca, menulis, literasi, buku, juga tentang bagaimana menulis sebuah karya,” ucap Kang Abik, yang ditemui usai meet & greet, Selasa (10/3).

Menurut Kang Abik, bila ingin menjadi penulis, baiknya terlebih dahulu mencintai menulis. Jika sudah cinta, pasti akan mendapatkan apa yang dicintai itu.

“Tulislah hal terdekat sebagai awal mula. Hal apa yang paling diketahui, dikuasai, dan disuka. Dengan begitu karyanya akan rampung,” jelasnya.

Tak hanya itu, lanjut penulis novel kenamaan Ayat Ayat Cinta ini. mereka juga harus punya atau mengatur jadwal kerja sendiri.

“Menulis merupakan pekerjaan independen. Jadi kita sendiri yang atur agar karya dapat selesai. Jika tidak punya jadwal kerja atau waktu yang tidak jelas, tidak akan selesai-selesai tulisan itu,” imbuhnya.

Padahal, sambung Kang Abik, jika satu tulisan tersebut selesai, lalu terbit, itu akan menjadi penyemangat untuk kembali menciptakan suatu karya baru.

“Siapa pun bisa menulis. Namun yang paling penting, miliki keyakinan dan harapan. Itu suatu hal yang paling mahal dalam diri kita. Jika tidak memiliki itu, ya sudah seperti zombie berjalan saja,” katanya.

banuapost.net