Gia Pratama Berbagi Pengalaman Menulis di Perpusda Kalsel

Penulis novel, Gia Pratama, menyambangi Perpustakaan Daerah Kalimantan Selatan, pada Sabtu (14/3/2020). Ia hadir sebagai pembicara dalam ajang Embara Buku & Temu Penulis yang digelar atas kerja sama penerbit Mizan dan Dispersip Kalsel.

Tampil dengan pakaian dokter, berbagi pengalaman soal pengalaman menulis di tengah rutinitasnya bergelut dalam dunia kesehatan. Tips paling utama dari Gia: rajin-rajin membaca.

“Saya bisa menulis sebuah buku, awalnya dari hobi membaca, selanjutnya saya mencoba menulis,” kata Gia saat mengisi materi di Aula Dispersip Kalsel.

Hobi membaca yang ditekuni Gia akhirnya menelurkan sederet karya. Novel pertama yang dia tulis berjudul Berhenti di Kamu bahkan sukses menjadi best-seller di pasar buku.

Belakangan, Gia Pratama juga meluncurkan novel terbarunya berjudul Perikardia, pada Desember 2019 lalu. Buku ini menitikberatkan pengalaman dirinya selama menjadi ko asisten dokter di rumah sakit.

“Kuncinya rajin-rajin membaca. Selain itu kita juga harus fokus dengan apa yang kita tulis. Luangkan waktu agar menjadi sebuah buku,” pesannya.

Dalam kegiatan ini juga hadir Arif Luthfi, Co Penerbit Mizan. Ia bercerita kepada peserta mengenai proses kreatif industri buku di Indonesia.

Sementara itu, Kabid Pelayanan dan Pembinaan Dispersip Kalsel, Wildan Ahyar, mengatakan pihaknya telah banyak mendatangkan para penulis untuk menularkan semangat literasi di Kalimantan Selatan.

“Tentu kita ucapkan Alhamdulilah karena dua sekaligus yang hadir yang satu penulis dan satu lagi penerbit, sehingga kita dapat menggali dari mereka berdua,” ujarnya.

Menurut Wildan, selama ini daerah Kalsel memang banyak melahirkan penulis, tetapi kesulitan dalam penerbitan.

“Maka dengan menghadirkan mereka berdua tadi, akan mempermudahkan bagi yang hoby menulis , bebernya.

starbanjar.com