Genjot Minat Baca, Dispersip Kalsel Datangkan Prie GS ke Perpusda Palnam

Sebagai upaya untuk meningkatkan minat baca dan berkunjung ke Perpustakaan Daerah (Perpusda), Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalsel datangkan budayawan, penulis dan pembicara nasional, Prie GS ke Perpusda Palnam, Rabu (5/2/2020).

Kehadiran Prie GS yang khas dengan gaya bicara dan komunikasinya yang jenaka namun mendalam sukses membuat ratusan peserta yang hadir tertawa geli sambil sesekali termenung.

Prie GS menjadi pembicara utama dalam kegiatan peningkatan minat baca dengan target audiens jajaran keluarga besar Dispersip Provinsi dan Kabupaten/Kota di Kalsel, mahasiswa hingga siswa-siswi SMA di Banjarmasin dengan tema Berkah Membaca.

Prie GS budayawan yang awali karir sebagai kartunis ini meniru karir hingga menjadi penulis buku, novel, wartawan, host televisi dan radio hingga saat ini menjadi pembicara dan budayawan nasional.

Disampaikan Prie GS, budaya membaca adalah salah satu hal penting baginya dan menjadi kunci yang bisa membantunya meniti dan mengembangkan karier hingga saat ini.

Tak hanya dalam berkarier, memiliki modal pengetahuan luas dari membaca juga menurut Prie GS bisa menjadi modal untuk bisa sukses membina dan menjalani kehidupan berumah tangga hingga mendidik anak.

“Tekniknya dengan membaca itu kita harus targetkan ada pertumbuhan, jadi membaca untuk belajar menguasai sesuatu. Jangan jadikan budaya membaca jadi sampingan,” kata Prie GS.

Pada kesempatan ini, Prie GS juga sempat bsrinteraksi langsung di sesi tanya jawab dengan para peserta kegiatan.

Namun di era digital saat ini menurutnya pendekatan melalui konten-konten audio visual untuk menarik dan meningkatkan minat baca dan berkunjung ke Perpusda seperti di Perpusda Palnam di Kalsel juga penting.

Pasalnya, mayoritas manusia secara alami merupakan makhluk yang sangat tertarik dan menikmati konten audio visual.

“Artinya Perpusda juga harus bisa mengentertain melalui audio visual untuk menarik minat masyarakat,” kata Prie GS.

Menurut Kepala Dispersip Provinsi Kalsel, Hj Nurliani Dardie yang menjadi Tuan Rumah dan membuka kegiatan, selain mendatangkan tokoh-tokoh di dunia sastra, pendekatan melalui audio visual juga sudah dilakukan pihaknya untuk menarik minat baca masyarakat.

Hal itu dilakukan melalui video-video pendek yang menceritakan upaya Dispersip dan Perpusda Palnam dalam membudayakan kebiasaan membaca termasuk dengan menjangkau lokasi-lokasi terpencil di Kalsel.

Video-video pendek tersebut aktif ditayangkan melalui videotron di depan Kantor Dispersip Provinsi Kalsel sekaligus lokasi Perpusda Kalsel di Jalan A Yani Kilometer 6 Banjarmasin.

Upaya tersebut menurut Hj Nurliani cukup efektif menggenjot jumlah kunjungan di Perpusda Palnam yang mencapai ribuan orang setiap tahun.

Selain Prie GS dan Hj Nurliani, kegiatan juga dihadiri Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Kalsel, Isma Jauharianti Abdul Haris.

Sumber : banjarmasin.tribunnews.com