Generasi Milenial, Ciptakan Peluang Bisnis Melalui Hidroponik

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), kembali menggelar Webinar dimana kali ini menghadirkan pelaku usaha hidroponik daerah dan nasional, tentang teknik dasar hidroponik serta peluang usahanya, yang dikemas dengan tema “Bertani Asyik Generasi Milenial”.

Seorang narasumber Dispesip dr. Toto Tri Hartanto, pemilik dr. Farm Hidroponik Pelaihari mengatakan peluang usaha hidroponik sangat terbuka lebar, budidaya ini tidak menggunakan tanah, melainkan hanya memanfaatkan air. “Terbukti pasar modern, super market, hotel dan pasar tradisional berhasil kami tembus dengan hasil yang telah kami kelola,” katanya.

Tak hanya sayur mayur saja yang dimamfaatkan dalam hidroponik tetapi sejumlah tanaman seperti bunga atau sayuran herbal bisa dikembangkan. “Banyak yang bisa dimamfaatkan dengan bertani tersebut,”ucapnya.

Sementara H Nurlianie Dardie mengatakan sebagai kaum milenial harus bisa memamfaatkan baik perkembangan maupun pengetahuan misal dengan penggarapan lahan dibidang pertanian. “Generasi milenial bidang pertanian tak hanya sekedar bertani namun juga cerdas berwirausaha tani memanfaatkan teknologi digital,”katanya.

Ia berharap generasi milenial Banua mampu mencari peluang – peluang bisnis mulai dari mencintai dunia pertanian hingga makin menguasai pengembangan pertanian mulai hulu sampai hilir. “Langkah yang paling awal dalam menggali ilmu pengetahuan dimulailah dengan membaca,” katanya.

kalimantanpost.com