Gebrakan Dispersip Kalsel di Awal Tahun, Tingkatkan Literasi hingga ke Pelosok Desa

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), kembali membuat gebrakan baru di tahun 2021 untuk meningkatkan minat baca masyarakat Banua. Di antaranya, gelaran wisata literasi dan pengabdian masyarakat bersama Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari (Uniska MAB), TNI-POLRI, serta media massa.

Kegiatan ini akan dilaksanakan 3 hari, pada tanggal 28–30 Januari, di Desa Belangian, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar. “Dispersip Kalsel akan meminjamkan buku ke Desa Belangian. Ini program terbaru kami di 2021, yang kami namakan Layanan Terpadu Perpustakaan Desa,” papar Hj. Nurliani, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (Kadispersip) Kalsel kepada jurnalkalimantan.com, melalui Whatssapp, Senin (04/01).

Selain itu, pihak Uniska juga akan menyumbangkan buku bacaan, hingga mengajar anak-anak yang jauh dari perkotaan tersebut. “Ngajar sambil bermain, supaya anak-anak ceria dan tidak bosan, karena sudah lama tidak masuk sekolah,” ungkap Bunda Nunung, sapaan akrab Kadispersip Kalsel.

Rencananya, Dispersip Kalsel membawa buku dengan Motor Trail Pustaka, yang akan melewati Waduk Riam Kanan dengan transportasi air terlebih dahulu. Ditambahkan Kadispersip, berdasarkan informasi yang didapatnya, anak di desa tersebut jauh dari toko buku, bahkan sebagian kawasannya belum teraliri listrik, hingga alat komunikasi dan internet yang susah diakses.

jurnalkalimantan.com