Gariwak Manumbak Babi antar Aulia Wakili Kalsel ke Tingkat Nasional

Aulia Kasih, siswi kelas 3 SDN Sungai Taib Kotabaru, mewakili Kalsel ke tingkat nasional lomba bercerita.

Membawakan cerita daerah: “Legenda Gariwak Manumbak Babi”, Aulia berhasil mengungguli sepuluh peserta dari kabupaten dan kota se Kalsel.

Sebagai juara pertama, Aulia memperoleh nilai 266, disusul posisi kedua Aisyah Humaira, siswi MIN 9 HSU dengan nilai 261. Di posisi ketiga, Meisya Audrey Farisa Rahim, siswi SDN Keraton 4 Manarap, Kabupaten Banjar dengan nilai 253.

Dispersip Kalsel menggelar Lomba Bercerita siswa-siswi tingkat Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI), sekaligus merupakan agenda rutin setiap tahunnya dengan alokasi dana dekonsentrasi dari Perpusnas RI.

Kegiatan diiselenggarakan di Aula Dispersip, Jl A Yani Km 6,4, Selasa (14/7) pagi, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Usai dinobatkan sebagai kampiun, Aulia mengaku selama pandemi Covid-19, giat berlatih. Karena selain sadar mewakili Kotabaru, juga untuk membuktikan dengan usaha maka akan meraih sukses.

Sementara dewan juri, Wildan Akhyar, Mukhlis Maman dan Hj. Arbayah, mengapresiasi para peserta karena sangat bagus dan berani mengekspresikan diri.

Selain dengan tampilan dan gaya bercerita, peserta juga tanpa canggung di depan audiens. Sehingga sangat ketat angka dari Juara Harapan 3 sampai dengan Juara 1.

Sedang Kadispersip Kalsel, Hj Nurliani Dardie, berharap Aulia Kasih yang mewakili Kalsel akan masuk dalam 3 besar pada lomba tingkat nasional, September mendatang di Jakarta.

Menurut Bunda Nunung, sapaan akrabnya, lomba bercerita ini diikuti 10 peserta dari kabupaten dan kota di Kalsel. “Ada 6 anak hadir langsung. Sedang 4 lainnya, melalui fasilitas virtual Zoom,” jelasnya.

Bunda Nunung memgaku bangga dengan keberanian para peserta untuk tampil langsung maupun secara virtual.

Di era milenial, menurut Bunda Nunung, diperlukan keberanian untuk tampil berinovasi dan berkreasi, salah satunya dengan mengikuti lomba bercerita ini.

banuapost.co.id