Gandeng Tim ANRI, Bimtek Penyelamatan Arsip Pasca Bencana

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel siap menyelenggarakan Bimtek (Bimbingan Teknis) penyelamatan arsip pasca bencana di Kalimantan Selatan, Senin 5 April 2021, di Fave Hotel Banjarbaru.

Bimtek akan dilanjutkan pada 6 sampai dengan 7 April 2021 di Depo Arsip Provinsi Kalimantan Selatan.

Pasca bencana banjir di banyak daerah wilayah Provinsi Kalimantan Selatan berdampak pada arsip pemerintah kota atau kabupaten.

DR Kandar MAP, Direktur Preservasi Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) mengatakan, langkah Dispersip Kalsel menggelar Bimtek penyelamatan arsip pasca bencana patut diapresisi tinggi.

 

“Penyelenggaraan kearsipan dapat berkontribusi dalam upaya pencegahan korupsi, karena arsip yang tercipta tetap autentik, lengkap dan terpercaya sebagai bukti akuntabilitas pemda (pemerintah daerah, red),” ujarnya

Dispersip Kalsel merupakan Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) yang bertanggung jawab dan berkewajiban dalam pengeloalaan arsip meminta bimbingan langsung kepada tim ANRI dalam penanganan arsip pasca bencana banjir.

“Keberadaan arsip tersebut turut terancam keselamatannya akibat bencana banjir, padahal arsip merupakan aset berharga bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ujar Kadispersi Kalsel Dra Hj Nurliani Dardie, Rabu (31/3/2021).

Arsip merupakan aset yang sangat berharga dan menunjukkan hak-hak keperdataan rakyat, sehingga keberadaannya harus diamankan, dilindungi, dan diselamatkan.

Berdasarkan itu, Dispersip Kalsel mengambil langkah strategis dan tindakan preventif penyelamatan arsip dari bencana, sesuai amanat UU 43 Tahun 2009.

“Kami menggandeng ANRI menyelenggarakan Bimtek penyelamatan arsip akibat bencana. Insyaallah akan digelar pada Senin 5 April 2021 di Hotel Fave Hotel Banjarbaru, dilanjutkan 6 sampai 7 April 2021,” ucap Kadispersip Kalsel.

Bimtek penyelamatan arsip pasca bencana menjadi sangat penting merespons secara cepat dalam menanggulangi kerusakan arsip akibat bencana.

Peserta Bimtek tersebut adalah lembaga kearsipan provinsi dan kabupaten kota se Kalsel dan SKPD tingkat provinsi dan kabupaten kota se Kalsel.

Kanalkalimantan.com