Gandeng ANRI, Dispersip Kalsel Bakal Gelar Diskusi Virtual Soal Penyelamatan Arsip

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan menggandeng Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) akan menggelar agenda talk show secara virtual pada Kamis (15/10/2020) mendatang. Mengangkat tema  “Penyelamatan Arsip Lembaga Vertikal di Provinsi Kalimantan Selatan”, rencananya kegiatan ini akan diikuti perwakilan dari berbagai lembaga, mulai dari tingkat kabupaten/kota hingga nasional.

Direktur Akuisisi ANRI, Rudi Anton, akan menjadi pembicara dalam acara talk show nanti bersama Tato Pujiarto, Koordinator Penyelenggaraan Arsip Statis di Lembaga Negara, Pemda, dan PTN Arsip Nasional Republik Indonesia. Bagi peserta yang ingin mengikuti acara tersebut, dengan melakukan registrasi melalui tautan http://bit.ly/RegPeserta-WebinarArsip atau melalui media sosial youtube Dispersip Kalsel.

Kadispersip Nurliani Dardie menjelaskan kegiatan ini guna menjalankan amanat UU 43/2009 pasal 22 ayat 4, yang mewajibkan Dispersip Daerah mengelola arsip statis dari organisasi perangkat daerah, lembaga negara di tingkat provinsi dan kabupaten/kota, perusahaan, organisasi politik, organisasi masyarakat dan perseorangan. “Arsip statis sendiri adalah catatan rekaman kegiatan atau sumber informasi dengan berbagai macam bentuk yang memiliki nilai guna kesejarahan, sehingga dengan dikelolanya arsip statis, berarti sejarah perjalanan Provinsi Kalsel akan terekam dalam arsip statis yang dikelola,” ujar Bunda Nunung sapaan akrabnya kepada jejakrekam, Senin (12/10/2020).

Menanggapi hal tersebut, agar arsip statis dapat dikelola dan diarsipkan dengan baik, Dispersip Kalsel mencari strategi penyelamatan arsip lembaga vertikal di wilayah Provinsi Kalsel. “Tujuan daripada sedaring ini, untuk merumuskan strategi penyelamatan arsip lembaga vertikal di daerah. Karena peran dan kontribusi lembaga vertikal, merupakan bagian tak terpisahkan dari perjalanan sejarah Kalimantan Selatan,” ucap dia.

jejakrekam.com