Edukasi Bercerita Ala Kak Bimo Bersama Dinas Perpustakaan Provinsi Kalsel

Ratusan anak-anak terpukau dan sesekali tertawa saat mendengarkan paparan cerita oleh kak Bimo, seorang pendongeng ternama asal Yogyakarta, Sabtu (07/07/2019).

Bertempat di ruang baca anak dinas perpustakaan dan kearsipan Kalimantan Selatan, mereka juga turut ditemani oleh orang tua yang ikut untuk menimba ilmu bercerita.

Kegiatan ini sendiri dilaksanakan oleh Dispersip Kalsel sebagai rangkaian dari peringatan hari keluarga nasional (HARGANAS), serta sebagai bentuk pembentukan karakter anak dari pengaruh penggunaan gadget.

“Kegiatan hari kedua sebelumnya di Pemprov Kalsel dan panti asuhan sosial. Hari ini tentang pembentukan karakter akhlak mulia anak yang dikemas dengan menarik. Workshop medongeng dan bercerita kakek nenek milenial agar anak-anak senang senang alhamdulillah responnya selalu membludak,” kata Nurliani Dardi Kadispersip Kalsel.

“Yang paling penting adalah kerekatan emosional dengan orang tua, sekarang ini banyak fenomena yang menjadikan anak jauh dari orang tua, misalnya saat ini gadget yang menjauhkan dengan orang tuanya. Salah satu media yang bisa digunakan adalah cerita, orang tua akan bercerita kemudian menguatkan hubungan batin antara mereka (orang tua dan anak) sehingga terjadi keakraban kembali,” ucap kak Bimo.

Selain mendongeng, Dispersip juga mengadakan workshop bagi orang tua serta kakek nenek milenial untuk bisa mengaplikasikan kegiatan bercerita tersebut di rumah.

Sebelumnya dalam rangka Harganas, kak Bimo ini juga telah menghibur anak anak panti sosial serta pengunjung kegiatan One Day For Children – Ayo Lakukan Germas.

 

Sumber : dutatv.com