Dua Pejabat Dispersip Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah Puji Keunggulan Perpustakaan

Dua pejabat Dinas Perpustakaan Daerah dan Arsip (Dispersip) saling puji saat 16 Pustakawan / Pejabat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Tengah (Kalteng) berkunjung ke kantor Dispersip Kalsel, Kamis (8/8/2019) kemarin.

Kunjungan tersebut sebagai sharing informasi, di.mana Dispersip Kalsel salah satu terbaik dalam pengelolaan di Indonesia.

Kepala Dinas Dispersip Kalsel Hj Nurlianie mengatakan, kedatangan rombongan Dispersip Kalteng sangat membanggakan. Selain saling berbagi pengalaman serta pengetahuan tentang perpustakaan, tetapi juga sharring tentang pengelolaan kearsipan yang baik.

“Dispersip tetangga kita (Dispersip Kalteng) ini sangat terkelola dengan baik dan banyak memiliki keunggulan diantaranya, memiliki 2 pustakawan utama, serta gedung yang sangat bagus, perlu kiranya Dispersip Kalsel belajar dan sharring,” katanya.

Dijelaskan Hj Nurlianie, pustakawan utama haruslah memiliki pengalaman, meliputi pendidikan, pengelolaan dan pelayanan perpustakaan, pengembangan sistem kepustakawanan serta pengembangan profesi, yang ditunjang kemampuan pengajar di diklat, seminar, anggota organisasi profesi, anggota tim penilai, penghargaan dan perolehan gelar di bidang lain.

“Jika Kalteng memiliki pejabat pustakawan utama ini sangat luar biasa dalam pengembangan perpustakaannya, Kalsel perlu belajar banyak tentang itu setidaknnya sharring,sebab Kalsel belum memiliki pustakawan utama,” ujar Bunda, sapaan akrabnya.

Sementara Pustakawan Utama Dispersip Kaltengv Damber Liwan, yang turut melakukan kunjungan ke Dispersip Kalsel mengatakan, dalam rapat nasional perpustakaan, Kalsel sering disebut salah satu yang terbaik di Indonesia.

Jadi, kunjungan ini dilakukan sebagai sinergi kedua belah pihak agar kedua perpustakaan baik Kalsel maupun Kalteng dapat bersinergi untuk meningkatkan kinerja, terlebih minat baca di kalangan masyarakat.

“Jadi kami di sini sepatutnya ingin berdiskusi dengan teman-teman provinsi Kalsel, dalam hal ini sebagai leader sangat luar biasa. Baik dalam membangun perpustakaan maupun berkoordinasi dengan pemerintah daerah,” katannya.

Dalam kunjungannya tersebut Damber juga megatakan, banyak yang menjadi inspirasi seperti pengelolaan, ruang library, Perpustakaan keliling dan tempat edukasi taman bacaan anak-anak.

“Lembaga ini bagian yang sangat penting dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa,” tuturnya.

Dalam kunjungan tersebut selaku Kepala Dinas Dispersip Kalsel Hj Nurlianie mengajak rombongan tamu ke berbagai ruang perpustakaan dan diakhiri dengan acara ramah tamah.(azka)

 

sumber : klikkalsel.com