Dorong Minat Baca, Mobil Pusling Sambang MAN 2 Banjarmasin

Armada mobil perpustakaan keliling (Puling) Dinas Perpustakaan dan kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan menyambangi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) II Kota Banjarmasin, Selasa (18/2/2020).

Puluhan siswa MAN II Banjarmasin langsung mengerubungi mobil pusling dan mengambil buku bacaan. Tak ketinggalan sejumlah guru juga terlihat antusias mencari buku dan bahan referensi.

Kedatangan mobil pusling ini upaya untuk menggugah minat baca di kalangan siswa.

Staf pelayanan Zulkarain mengatakan pihaknya sengaja memilih MAN II Banjarmasin karena jumlah siswa yang banyak, dan minat membaca pun cukup tinggi di kalangan pelajar.

“Selain turut menyemarakkan kegiatan jelang Milad ke 30 MAN II Banjarmasin, mobil pusling juga untuk menyadarkan para pelajar tentang pentingnya perpustaaan bagi kehidupan,” timpal Zulkarnain.

salah seorang siswa Ahyat mengungkapkan dirinya sangat senang dan terbantu dengan kedatangan mobil pusling, karena bisa mencari buku diminati yang tidak ditemukan di perpustakaan sekolah.

“Kami berharap mobil pusling itu bisa mengunjungi sekolah kami setidak seminggu sekali untuk meningkatkan pengetahuan dan hiburan,” kata dia.

Sementara itu Kepala Perpustakaan MAN II Banjarmasin Fathiah mengungkapkan saat ini minat membaca siswa di sekolahnya mulai tumbuh dan meningkat, hal ini dibuktikan dengan jumlah peminjaman buku di perpustakaan sekolah meningkat, terutama buku-buku sastra dan buku pengetahuan umum.

Dia berharap ke depan mobil pusling Dispersip Kalsel bisa mendatangi sekolahnya secara rutin guna mendorong semangat literasi.

“Kami terus mendorong agar membaca menjadi budaya Madrasah, karena manfaatnya cukup besar bagi peningkatan SDM, sebab melalui bacaan, orang akan terinspirasi dan tergugah untuk lebih baik lagi,” pungkas Fathiah.

starbanjar.com