Dispersip Tingkatkan Minat Baca Penghuni Rutan

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalsel terus berupaya meningkatkan minat baca di kalangan penghuni rumah tahanan atau narapidana. Salah satunya dengan aktif melakukan kunjungan sekaligus meminjam pakaikan buku-buku bacaan bermanfaat kepada pihak Rumah Tahanan.

Salah satunya dikunjungi baru-baru tadi adalah Rutan Kelas IIB Pelaihari. Kunjungan Dispersip dipimpin Ernawati AMd selaku Kasi Pelayanan dan Kerjasama Perpustakan. Bersama stafnya, Erma diterima oleh kepala Rutan Kelas IIB Pelaihari Budi Suharto. “Ini kegiatan rutin kita berupa perpustakaan keliling yang meminjamkan buku-buku kepada pihak Rutan secara bergantian, salah satunya Rutan di Pelaihari ini,” kata Erma.

Selain program meminjamkan buku, Pusling ini juga memberikan bimbingan terkait selving buku yang ada di perpustakaan yang ada di dalam pengelolaan pihak Rutan. Adapun buku bacaan yang dipinjamkan adalah buku tentang agama, kewirausahaan dan bisnis, hiburan dan lainnya.

Sementara Karutan Pelaihari Budi Suharto mengaku senang atas kunjungan Perpustakaan Keliling Dispersip Kalsel. Ia mengungkapkan minat baca warga binaan Rutan Pelaihari cukup tinggi sehingga perlu difasilitasi. “Minat baca warga binaan Rutan Pelaihari cukup tinggi, sehingga kami mengupayakan tersedianya buku bacaan untuk mereka. Dengan adanya peminjaman buku dari Dispersip Kalsel, tentunya minat baca warga binaan semakin meningkat,” ujarnya.

Usai menyerahkan buku, Staf Pelayanan Dispersip Kalsel dan jajaranya diajak berkeliling melihat hasil kebun garapan warga binaan Rutan Pelaihari. Tak lupa Budi Suharto juga memperkenankan tamunya itu untuk memetik buah-buahan yang ada di kebun.

Sumber:jejakbanua.com