Dispersip Sosialisasikan Serah Simpan KCKR

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel, kembali sosialisasikan UU No:13/2018 tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam (KCKR). Kegiatan digelar selama 2 hari, mulai 5 hingga 6 Maret di salah satu ballroom hotel di kawasan Jl A Yani Km 5,7 Banjarmasin.

Menurut Kadispersip Kalsel, Hj Nurliani, sebagai pengemban tugas dispersip berkewajiban menggelar sosialisasi dalam rangka mewujudkan tugas untuk menghimpun karya cetak dan karya rekam yang selama ini belum terlaksana secara optimal.

“Belum tumbuhnya kesadaran penerbit, produsen karya rekam dan masyarakat untuk menyerahkan KCKR serta pemahaman yang kurang akan pentingnya pelestariannya, juga menjadi kendala  sehingga tidak optimal,” tutur Bunda Nunung, sapaan akrabnya, Kamis (4/3)

Sosialisasi, sambung Bunda Nunung, juga sebagai upaya mewujudkan koleksi nasional dan melestarikannya sebagai hasil budaya bangsa, dalam rangka menunjang pembangunan melalui pendidikan, penelitian serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menyelamatkan KCKR dari bencana bahaya yg disebabkan alam maupun perbuatan manusia.

“Serah simpan KCKR ini harus menjadi bagian dari budaya kita yang harus diwujudkan. Sehingga seluruh karya yang diterbitkan di daerah bisa disimpan dan dilestarikan untuk dapat dinikmati anak cucu kita dikemudian hari,” jelasnya.

Sumber:banuapost.co.id