Dispersip Selenggarakan Bimtek Tenaga Pengelola

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan direncanakan menggelar bimbingan teknis (bimtek) tenaga pengelola perpustakaan tingkat SMA/Sederajat se Kalsel. Rencananya, kegiatan yang dihelat selama 2 hari, 25 hingga 26 Februari mendatang, diikuti 60 peserta dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Karena Covid-19 masih pandemi.

Menurut Kadispersip Kalsel, Hj Nurliani, bimtek diselenggarakan guna memenuhi tuntutan pengembangan SDM, agar setiap pengelola perpustakaan di SMA memiliki kualitas pengetahuan, keterampilan serta kompetensi yang mumpuni dalam mengelola bidang tersebut. “Karea itu. mereka berhak untuk mendapatkan pembinaan karir. Salah satunya melalui pendidikan dan bimtek, menambah ilmu tentang pengelolaan perpustakaan,” ujar Bunda Nunung, sapaan akrabnya, Senin (22/2).

Dalam menambah pengetahuan dan keterampilan, sambung Bunda Nunung, tidak memandang batas usia. Tapi perlu ketekunan, dedikasi dan kedisiplinan. Karena semua pengelola perpustakaan, dituntut untuk terus belajar mengembangkan diri. “Kondisi ini, dispersip sangat bertanggung jawab dalam pembinaan yang dilakukan kepada tenaga perpustakaan,” imbuhnya.

Sementara untuk tenaga pengajar dalam bimtek kali ini, lanjut Bunda Nunung, dispersip menggaet seorang pejabat Perpusnas RI, 2 pejabat Struktural Dispersip dan 2 orang pustakawan Disepersip Kalsel. “Sedang materinya, teknik pengelolaan perpustakaan dari pengolahan bahan pustaka, pelayanan pemustaka, pelestarian bahan pustaka, promosi perpustakaan, pengembangan minat baca dan hal-hal lain perkembangan terbaru dalam dunia perpustakaan,” katanya.

sumber:banuapost.co.id