Dispersip Sambangi Kotabaru, Dongkrak Literasi Hingga Daerah Terpencil

Menjadi provinsi dengan Indeks pembangunan literasi tertinggi di Indonesia. Tidak membuat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan berpuas diri. Kali ini, Dispersip menyambangi Kotabaru kabupaten kepulauan yang terletak di wilayah paling selatan Provinsi Kalsel, guna lebih meningkatkan literasi di Banua. Rabu (24/3/2021).

Kepala Dispersip Kalsel Nurliani Dardie mengatakan ada Sebanyak 1.001 buku bacaan berbagai genre mulai dari kitab Al-Qur’an, fiksi, agama, hingga ilmu terapan, diserahkan ke Lapas Kelas IIA Kotabaru. Ini masih dalam rangka menyebarluaskan gerakan literasi hingga pelosok desa terpencil,” kata Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dadie.

Ribuan buku bacaan tersebut diterima langsung oleh Kepala Lapas Kelas IIA Kotabaru, Hidayat. Disana tim Dispersip Kalsel juga meninjau tata kelola ruang yang ada di dalam lapas tersebut.

“Terimakasih buku buku ini sangat berharga untuk para penghuni lapas disini, mereka juga suka membaca, kebanyakan buku bergenre keagamaan,” ungkap Hidayat. Selesai di Lapas Kelas IIA Kotabaru, tim Dispersip Kalsel juga menggelar sosialisasi literasi di kawasan Siring Kotabaru.

Di sana, anak-anak di kawasan Siring Kotabaru diajak untuk bermain, bernyanyi dan membaca buku, dengan ditemani badut untuk menarik perhatian mereka. Untuk besok, Kamis (26/3/2021) rencananya tim Dispersip Kalsel akan bergerak menyambangi Kabupaten Tanah Bumbu.

Sumber:rri.co.id