Dispersip Provinsi Kalsel Gelar Webinar Sosialisasi Penyelamatan Arsip Pemilu, Kamis 14 Januari

Mengusung tema Sosialisasi Penyelamatan Arsip Pemilu di Kalimantan Selatan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan akan gelar Webinar kearsipan, Kamis 14 Januari 2021. Penyelenggaraan webinar yang menitikberatkan pada penyelamatan arsip Pemilu ini dikarenakan arsip pemilu merupakan bagian dalam sejarah perjalanan bangsa dan negara.

Dalam perkembangannya tidak dipungkiri Pemilu menjadi bagian dalam momentum yang tidak lepas dengan sejarah pesta demokrasi untuk menentukan pilihan figur pemimpin di suatu daerah. Jejak pelaksanaan pesta demokrasi berupa arsip pemilu menjadi bagian dalam sejarah yang tentunya harus dijaga dan diselamatkan, sebab menjadi bukti sejarah politik dari masa ke masa sesuai zamannya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan, Dra Hj Nurliani, M.AP mengatakan arsip-arsip pemilu harus diselamatkan dan dijaga dengan baik.

Seperti diketahui pemilu serentak beberapa waktu lalu dilaksanakan di 270 daerah, delapan diantaranya ada di Kalimantan Selatan, yaitu Provinsi Kalimantan Selatan, Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Balangan, Kabupaten Tanah Bumbu, Kabupaten Kotabaru, Kabupaten Banjar, dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Dan tahapan Pemilukada tersebut masih terus berjalan. Berangkat dari pemilu pertama hingga sekarang, pemilu menjadi bagian dalam sejarah “Arsip-arsip ini adalah bagian jejak pelaksanaan pemilu yang harus diwariskan kepada generasi-generasi mendatang yang merupakan gambaran objektif sejarah politik dari masa ke masa,” kata Nurliani.

Untuk itulah, Berkaitan dengan hal tersebut Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan menyelenggarakan Webinar Kearsipan yang akan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan, Dra Hj Nurliani, M. AP.

Webinar kali ini, akan menghadirkan pejabat yang kompeten dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), yaitu Rudi Anton, SH, MH, Direktur Akuisisi dan Drs Tato Pujiarto, Koordinator Akuisisi Arsip I.

banjarmasin.tribunnews.com