Dispersip Kupas Memoar Rektor ULM

Seperti yang direncanakan sebelumnya, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalsel kembali gelar webinar. Webinar pertama di awal 2021 ini, menggaet seorang penulis dan rektor dari Universitas kenamaan di Kalsel, ULM, Prof Sutarto Hadi.

Dalam webinar ini mengupas salah satu buku Sutarto Hadi berjudul ‘Membingkai Bayang-Bayang’, yang merupakan memoar perjalanannya mengejar pendidikan dan karir hingga menjadi seorang rektor di Universitas Akreditasi A tersebut.

Kepala Dispersip, Dra Hj Nurliani, mengaku bangga karena buku memoar tersebut dapat dibahas lebih jauh di instansi yang dipimpinnya sejak 2017 lalu ini. Sementara sang bintang utama, Sutarto Hadi,  mengatakan kecintaannya terhadap membaca dan menulislah yang membuat ‘Membingkai Bayang-Bayang’ rampung menjadi buku. “Manusia itukan haus akan informasi, jadi saya kecil dulu suka sekali membaca. Apa saja saya baca, termasuk sobekan koran, karena kan dulu tidak ada televisi dan gadget,” tutur dosen Matematika ULM ini, Rabu (13/1).

Menurut Sutarto, generasi muda sekarang ini kebanyakan malas membaca akibat dipengaruh teknologi yang kini semakin canggih. “Teknologi semakin canggih, tapi kita tetap bisa membaca melalui gadget atau apapun. Hanya saja jangan sampai termakan informasi yang tidak jelas kebenarannya,” katanya.

Dikesempatan ini pula, ia berpesan untuk para orang tua mendorong dan menggelorakan budaya membaca buku. Karena sensasi membaca dan membuka buku dengan gadget sangat jauh berbeda. “Ada sensasi emosional tersendiri dari buku. Karena itu singkirkan sejenak gadget dan mulai membaca buku fisik. Orang tua sebisa mungkin mengarahkan anak semakin dekat dengan buku,” ujarnya.

Selain menghadirkan sang penulis, Dispersip turut menggaet Pemimpin Redaksi Berita ULM, Sumasno Hadi. Selain itu ada Akademisi ULM dan seorang kritikus sastra, Sainul Hermawan. Kegiatan ini digelar melalui aplikasi Zoom Meeting dan live streaming di Youtube resmi milik Dispersip Kalsel.

banuapost.co.id