Dispersip Kalsel Sosialisasikan Penghimpunan Karya Cetak dan Rekam

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispersip) Kalsel hari ini (5/3) menggelar sosialiasi UU No 12 Tahun 2018 di Hotel Rattan In, Banjarmasin. Menurut Kadispersip Kalsel, Dra Hj Nurliana Dadie MAP, kegiatan kali ini bertujuan mewujudkan koleksi nasional dan melestarikam hasil budaya bangsa.  “Kita menggelar sosialisasi hari ini tujuan utamanya adalah sebagai penunjang pembangunan melalui pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, dalam artian melestarikan budaya bangsa,” katanya di sela kegiatan sosialisasi tersebut.

Sosialisasi akan digelar duahari berturut-turut pada 5 dan 6 Maret, dengan peserta dari Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan dari beberapa Kabupaten/Kota di Kalsel, dosen, penulis, penerbit, sastrawan, dan wartawan. Sosialisasi penyelamatan KCRC (Kelompok Cetak dan Karya Rekam) ini merupakan salah satu implementasi UU No 13 Tahun 2018 sebagai upaya menghimpun KCKR, dikarenakan sampai sekarang masih belum terlaksana dengan maksimal, karena kurangnya kesadaran dari penerbit, produsen karya rekam, dan masyarakat.

Wanita yang akrab disapa Bunda Nunung ini menuturkan, serah simpan KCKR merupakan salah satu bagian dari budaya yang harus dilakukan. “Serah simpan KCKR ini harus menjadi bagian dari budaya kita, yang harus diwujudkan. Sehingga seluruh KCKR yang diterbitkan di daerah bisa disimpan dan dilestarikan untuk dapat dinikmati oleh anak cucu kita di kemudian hari,” katanya.

Cara menyimpan karya cetak dan karya rekam ala Dispersip sendiri sangat aman yakni, mereka menyimpan dua versi sebagai bentuk antisipasi kerusakan karya rekam maupun karya cetak. “Kita biasanya menyimpan karya cetak maupun karya rekam itu ada dua bentuk yang pertama memang karya yang berbentuk fisik, dan yang kedua karya berbentuk digital,”ucap Anshari selaku staff dinas Perpustakaan dan Arsip Kalsel.

Anshari juga menuturkan, pihaknya melipatgandakan karya para penulis maupun sastrawan dengan cara burning cd untuk karya digital. “Biasanya arsip fisik itu kita pindah ke cd (dalam bentuk digital) dan kita burning langsung sekaligus kita lipatgandakan,”ucapnya.

Sumber:maknanews.com