Dispersip Kalsel Siapkan Pemusnahkan Arsip 5 SKPD

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel, mempersiapkan pemusnahan sejumlah arsip Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) setempat.

Setidaknya ada lima SKPD yang akan dimusnahkan arsipnya, yaitu Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Pembinaan Pendidikan Pelaksanaan Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (BP7). “Selain itu ada Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan serta Dinas Kesehatan yang seluruhnya tingkat provinsi atau dati I Kalsel,” ujar Kadispersip Hj Nurliani, yang dihubungi melalui WhatsApp, Sabtu (17/4).

Menurutnya, di Bulan Ramadhan ini akan digunakan seefektif mungkin untuk persiapan pemusnahan arsip yang jika ditotal berjumlah 11.463 berkas. “Ribuan berkas tersebut terdiri dari 2 jenis arsip, yaitu usul permanen berjumlah 4.316 berkas dan arsip usul musnah 7.147 berkas,” jelasnya.

Rencananya, lanjut Bunda Nunung, sapaan akrabnya, penyusutan arsip ini akan digelar pada akhir Mei mendatang, sembari menunggu surat rekomendasi dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Sebelumnya 2020, Dispersip Kalsel juga telah memusnahkan sekitar 48.000 berkas arsip di Depo Arsip Banjarbaru. Pemusnahan atau penyusutan arsip sendiri tidak sembarangan. Ada tahapan prosedur yang dilalui, antaranya arsip haruslah yang terlebih dahulu melalui verifikasi atau penilaian serta tidak memiliki nilai guna kesejarahan.

“Prosedur itu sebagaimana tertuang dalam Pasal 86 UU No:43/2009. Pemusnahan arsip yang tidak sesuai prosedur, akan kena sanksi pidana penjara 10 tahun,” tandasnya.

Sumber:banuapost.co.id