Dispersip Kalsel Siap Bersinergi Di TMMD Ke-110

Selain gencar membina SDM perpustakaan di 13 kabupaten/kota, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) juga giat mendekatkan buku ke masyarakat. Seperti halnya dalam waktu dekat, tim Perpustakan Keliling (Pusling), akan ikut serta dalam Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD).

Keikutsertaan ini atas sinergi Dispersip Kalsel bersama Komando Resor Militer 101/Antasari, untuk bersama-sama meningkatkan promosi literasi, serta mencerdaskan masyarakat desa, perairan, dan pesisir, dengan meningkatkan minat baca. “Bunda bersyukur, surat permohonan kami direspon baik oleh Danrem 101/Antasari beserta jajarannya, yang langsung ditindaklanjuti. Untuk itu, pastinya kami sangat berterima kasih dapat terlibat,” ungkap Kepala Dispersip Kalsel, Hj. Nurliani, melalui siaran persnya, Senin (22/02/2021).

Rencananya, aksi sosial ini akan digelar di Desa Pariangan, Kecamatan Padang Batung, serta di Desa Lok Batu, Kecamatan Haruai, Kabupaten Tabalong, dari awal Maret hingga April 2021. “InsyaAllah kami akan kerahkan 2/3 kekuatan armada pusling dan trail pustaka ke kedua lokasi tersebut. Sementara 1/3 lagi tetap melaksanakan tugas rutin keliling rutan dan lapas, serta panti-panti sosial dan panti asuhan lainnya,” tambah Bunda Nunung, sapaan akrab Kepala Dispersip Kalsel.

Pada TMMD ke-110 ini, selain menurunkan armada Pusling, pihaknya juga akan membawa para pendongeng dan badut, untuk memeriahkan dan mengundang anak-anak di lokasi tersebut, agar dapat mendekatkan buku dan meningkatkan minat baca mereka.

sumber:kalimantanpost.com