Dispersip Kalsel Siap Bantu Latih Pengelola Perpus Lapas Karang Intan

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan siap membantu pengelolaan perpustakaan di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Banjarbaru yang berencana membuka perpustakaan di lingkungan setempat.  “Kami siap membantu pengelolaan perpustakaan di Lapas Klas IIB Kota Banjarbaru sesuai keinginan mereka berencana membuka perpustakaan di lingkungan lapas,” kata Kadispersip Kalsel Hj Nurliani Dardie di Banjarbaru. Ia mengatakan, kesiapan membantu pengelolaan perpustakaan setelah Dispersip mengunjungi Lapas Klas IIB Banjarbaru untuk koordinasi terkait pelayanan perpustakaan keliling di masa pandemi COVID-19.

Kunjungan Kadispersip didampingi Kasi Layanan Perpustakaan Ermawati, disambut hangat Kasi Bimbingan Narapidana/Anak-anak Didik dan kegiatan Kerja (Binadik) Lapas Klas IIB Banjarbaru Hardiyanto. “Kami berharap bukan hanya pusling yang berkunjung ke lapas, tetapi kami berencana membuat perpustakaan di lapas sehingga meminta arahan dan bimbingan Dispersip Kalsel,” ucap Hardiyanto.

Menurut Hj Nurliani atau yang akrap disapa bunda nunung, Dispersip akan membantu sesuai tugas pokok dan fungsi yakni membina SDM pengelola perpustakaan dan sirkulasi buku di lapas dengan program Layanan Terpadu Perpustakaan Lapas (LTPL).

Sementara, sarana dan prasarananya disediakan lapas baik ruangan dan kelengkapan lain sehingga kegiatan perpustakaan bisa berjalan lancar ditangani pengelola yang sudah diberi pelatihan oleh Dispersip Kalsel.  “Kami siap membina pengelola perpustakaan lapas apabila mereka dimagangkan di Perpustakaan Palnam dan diberi materi dari pengolahan, klasifikasi, katalog, layanan, sirkulasi, informasi buku di internet serta promosi perpustakaan,” ucapnya. Dikatakan, hal ini bermanfaat bagi pengelola yang diberikan ilmu pengelolaan perpustakaan sehingga mereka bisa mengelola perpustakaan dan melayani pengunjung khususnya warga binaan di dalam lapas.

kalimantanpost.com