Dispersip Kalsel Serahkan Ribuan Buku, Penghuni Lapas Gemar Membaca Buku Keagamaan

Disela kunjungan kerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan (Dispersip Kalsel) turut sambangi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kotabaru.

Dalam kunjungan tersebut, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan (Kadispersip Kalsel), Dra Hj Nurliani, MAP juga menyerahkan 1.001 buku bacaan untuk warga binaan di Lapas tersebut. “Buku-buku tersebut, mulai dari fiksi, agama, buku ilmu terapan dan lainnya,” kata Nurliani, Jumat (26/3/2021).

Diketahui, Dispersip Kalsel dikenal aktif dalam berbagai kegiatan dalam meningkatkan minat baca dan literasi. Hal ini pun terbukti dengan hasil diraih, yaitu Kalimantan Selatan sebagai penyandang predikat indeks pembangunan tertinggi.

Meski mendapatkan predikat tersebu, Nurliani tidak ingin Dispersip berhenti terus memajukan pembangunan tersebut dengan mempromosikan literasi hingga ke pelosok desa.

Adapun buku-buku yang diserahkan Bunda Nunung sapaan akrab Nurliani langsung diberikan dan disambut oleh Kepala Lapas Kelas IIA Kotabaru, Hidayat secara simbolis. Tidak hanya itu, dikesempatan itu, Nurliani beserta jajaran juga meninjau tata kelola ruang yang ada di dalam Lapas tersebut.

Kepala Lapas Kelas IIA Kotabaru, Hidayat menyambut baik pinjaman buku bacaan oleh Dispersip Kalsel. Terlebih menurutnya, penghuni Lapas Kelas IIA Kotabaru juga suka membaca buku. “Terima kasih buku-buku ini sangat berharga dan tentunya bermanfaat untuk para penghuni Lapas di sini, sebab, mereka suka membaca dan kebanyakan buku yang dibaca, yakni buku keagamaan,” ujar Hidayat.

Sumber:banjarmasin.tribunnews.com