Dispersip Kalsel Serahkan Mobil Pusling dan Buku Kepada Dispersip HSU

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Dra. Hj. Nurliani, M.A.P., menyerahkan bantuan pinjam pakai satu unit mobil perpustakaan keliling (MPK), beserta 500 buku, yang diterima Abdul Wahid, Bupati HSU, di pendopo kantor bupati, Rabu (30/09/2020).

Bantuan ini dipinjam pakaikan, sebagai tindak lanjut surat permohonan bupati yang kemudian disetujui Gubernur Kalsel, sekaligus implementasi dukungan Dispersip Kalsel terhadap visi Gubernur, untuk mendekatkan buku ke tengah masyarakat.

Bupati turut mengucapkan terima kasihnya kepada Gubernur Kalsel atas bantuan ini, yang ia harapkan bisa dimanfaatkan untuk menyukseskan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial. “Suatu saat nanti, semoga dapat dihibahkan kepada pemerintah daerah, guna sinergisitas dan motivasi Dispersip HSU untuk meningkatkan minat baca masyarakat, ujar Bupati HSU usai menerima MPK.

Dalam sambutannya, Bunda Nunung (sapaan akrab Kepala Dispersip Kalsel) juga berharap, agar MPK ini bisa dimanfaatkan maksimal untuk mempromosikan minat baca masyarakat, seperti rutin mengunjungi sekolah-sekolah, pondok pesantren, desa, kecamatan, hingga komunitas baca di HSU. Apalagi buku yang dipinjamkan akan ditukar setiap tiga bulan sekali, guna menambah variasi bacaan.

Bantuan pinjam pakai ini juga sebagai bentuk perhatian Pemerintah Provinsi Kalsel kepada Kabupaten HSU, yang di tengah keterbatasan anggaran, telah menorehkan prestasi selama 3 tahun terakhir, baik dalam hal peningkatan minat baca maupun pengembangan sumber daya manusia perpustakaan, “Semoga di masa yang akan datang, pemerintah daerah lainnya bisa lebih giat lagi meningkatkan minat baca di masyarakat, seperti yang dilakukan Dispersip HSU, sehingga mendapat kepercayaan dari Gubernur Kalsel untuk pinjam pakai MPK beserta bukunya,” harap Bunda Nunung.

jurnalkalimantan.com