Dispersip Kalsel Serahkan Mobil Perpustakaan Keliling ke HSU

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan menyerahkan satu unit Mobil Perpustakaan Keliling (MPK) kepada Dispersip Kabupaten Hulu Sungai Utara. Mobil minibus merk Isuzu ELF dengan nopol DA 8179 CR sebelumnya sudah dioperasionalkan di provinsi sejak 2019 namun sekarang dipinjamkan ke Pemkab HSU. “Meski statusnya pinjam pakai, kemungkinan akan seterusnya diserahkan untuk HSU,” ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalsel Nurliani di Amuntai, Rabu (30/9).

Nurliani mengatakan, akibat kondisi Pandemi COVID 19 pihaknya belum bisa memberikan MPK yang baru, namun tidak menutup kemungkinan nanti diganti dengan MPK yang baru oleh Dispersip Kalsel. Dari delapan buah MPK milik Pemprov Kalsel, Dispersip memilihkan satu mini bus besar untuk layanan pusling di HSU, bahkan untuk biaya bahan bakar minyak dan perbaikan suku cadang tetap dibiayai Dispersip Kalsel hingga akhir tahun.

MPK diserahterimakan dari Kepala Dispersip Kalsel Nurliani kepada Bupati HSU H Abdul Wahid HK disaksikan Bunda Baca HSU Hj Anisah Rasyidah, Sekretaris Daerah HM Taufik dan Kepala Dispersip HSU Lailatanur Raudah di Mess Negara Dipa Amuntai, Rabu (30/9).

Sebanyak 500 judul buku juga disertakan didalam mobil pusling yang dipinjamkan, dimana buku-buku tersebut memang digilirkan ke semua kabupaten/kota agar layanan koleksi buku selalu baru. Nurliani mengatakan, bantuan pinjam pakai mobil pusling ini sesuai dengan proposal yang disampaikan Pemkab HSU kepada Gubernur Kalsel. “Karena Gubernur melihat perhatian dan kepedulian Pemda HSU terhadap minat baca cukup tinggi serta rencana Pemprov Kalsel mewujudkan Kalsel Cerdas 2021, maka Gubernur langsung menyetujuinya,” terangnya.

Menurut Nurliani, perlu dukungan Pemkab dan PKK seperti di Kabupaten HSU untuk meningkatkan minat baca, karena perlu upaya masif dan sinergi dengan semua pihak untuk meningkatkan minat baca tersebut. Bupati HSU H Abdul Wahid HK dalam sambutannya berterima kasih atas bantuan pinjaman mobil layanan perpustakaan keliling oleh Dispersip Provinsi Kalsel.

Mobil bini bus berukuran besar untuk layanan pusling ini, kata Wahid, sangat bermanfaat bagi Jajaran Dispersip HSU dalam menjangkau masyarakat dipelosok pedesaan. Wahid mengatakan, berbagai kemajuan yang dicapai Pemkab HSU termasuk dibidang perpustakaan dan kearsipan tidak terlepas dari peran, bantuan dan dukungan dari Pemerintah Provinsi Kalsel.

kalsel.antaranews.com