Dispersip Kalsel Serahkan Hadiah Juara Lomba Menulis

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel menyerahkan piala dan hadiah kepada pemenang juara lomba menulis tetang perpustakaan sekolah, Senin (15/6/2020). Kepala Dispersip Kalsel Nurliani Dardie menyerahkan hadiah langsung kepada tiga pemenang juara tersebut, yakni Dian Mardhika dari SMAN 1 Kotabaru, Abdul Salam dari SMKN 3 Banjarbaru dam Badrudin dari SMAN 1 Rantau Badauh, Kabupaten Barito Kuala.

Nurliani Dardie mengatakan lomba menulis kali ini peminatnya cukup banyak. Berdasarkan catatannya, ada 88 peserta yang ikut serta, yang semuanya berasal dari guru-guru di sekolah yang ada di Kalsel. Dia mengatakan tidak menutup kemungkinan lomba serupa akan digelar kembali, salah satu tema yang dipertimbangkan untuk diangkat adalah Perpustakaan di era 4.0. “Insya Allah, melihat pesertanya sangat banyak, akan kita lanjutkan di tahun-tahun mendatang,” kata Bunda Nunung sapaan akrabnya.

Dia menyebut hasil karya tulis yang dilombakan nantinya akan segera dicetak dan dibukukan. Temanya sendiri, tak jauh dari perpustakaannya sekolah di masing-masing sekolah tempat peserta berasal, apalagi ada 88 peserta yang mengikuti lomba ini. “Bisa kalian bayangkan betapa capeknya juri untuk menilai. Karena ada 88 naskah yang masuk,” ujar mantan Kadispersip Banjarbaru ini. Dia menuturkan lomba ini menjadi ruang bagi guru-guru sekolah untuk berkarya, terutama menulis tentang kepustakaan di Sekolah.

Di samping itu, diakuinya, Dispersip Kalsel baru kali ini mengadakan lomba dengan hadiah yang cukup besar. Ditambah dengan jumlah peserta yang ikut serta yang tentunya tidak sedikit. “Karena yang (masyarakat) umum sering ada, kan? Justru guru ini yang pertama kali atas saran salah satu juri yaitu Sainul Hermawan. Jadi guru itu butuh ruang apresiasi untuk mengekpresikan bakat dan minat menulis,” tandas Bunda Nunung.

jejakrekam.com