Dispersip Kalsel Salurkan Bantuan

Banyaknya masyarakat yang terdampak bencana banjir menarik kepedulian Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Dinas yang bergelut pada bidang literasi tersebut menyerahkan bantuan ke beberapa posko pengungsian banjir di Kalsel. Dipimpin langsung Kepala Dinas Dispersip Provinsi Kalsel, Hj. Nurliani, rombongan dipersiapkan mendatangi posko pengungsian banjir di Desa Malintang, Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar.

Nurliani dan rombongan meninjau dapur umum dan tempat tidur pengungsi yang kebanyakan berasal dari Kecamatan Kurau dan dan Bumi makmur.

Setelah meninjau dapur umum diberikan bantuan berupa sembako, mukena, hingga sarung.Bantuan tersebut hasil patungan dari para pengawai dispersip sebagai bentuk rasa empati atas musibah banjir.

“Alhamdulillah saya sangat terkesan pada anak-anak disperesip dari yang di Banjarbaru, Palnam, hingga Tendean tanpa diperintah mereka patungan untuk membantu korban banjir. Saya membantu memfasilitasi dan menyalurkan,” kata Bunda Nunung, sapaan Kadispersip Kalsel, usai menyerahkan bantuan, Jumat (15/01/2021). 

Di posko yang dikunjungi tersebut pembakal bersama aparat keamanan membantu mengakomodir sedikitnya 120 pengungsi dan diperkirakan akan kembali bertambah dalam waktu dekat.

“Terimakasih atas bantuannya, apa yang diberikan sangat membantu para pengungsi. Inshaallah bantuan ini cukup untuk makan satu sampai dua hari ke depan,” ucap H. Hamidanoor, Pembakal Desa Malintang, Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar.

Penelusuran tak berhenti sampai di situ, dispersip juga menyisir jalan arah Kecamatan Beruntung Baru, guna memberikan bantuan serupa di Posko Desa Guntung Ujung dan posko lainnya hingga posko utama di Kantor Kecamatan Beruntung Baru.

Sumber : terasbanua.com