Dispersip Kalsel Pinjamkan Mobil Pusling dan Buku ke Kabupaten HSU

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemprov Kalsel (Dispersip) Kalsel menyerahkan Pinjam Pakai 1 (satu) unit Mobil Perpustakaan Keliling (MPK). Selain itu juga dipinjamkan 500 eks Buku kepada Dispersip HSU Rabu, ( 30/9/2020) di Mess Negara Dipa kabupaten HSU di Amuntai.

Dalam acara itu yang menyerahkan langsung pinjam pakai mobil keliling dan buku adalah Kadispersip Kalsel, H Nurliani, MAP (Bunda Nunung) kepada Bupati HSU, Abdul Wahid HK.

Bunda Nunung menyampaikan kegiatan ini sesuai dengan Surat Permohonan Bupati HSU pada kepada Gubernur Kalsel.

Setelah mendapat telaahan dari Kadispersip, Asisten dan Sekretaris Daerah maka pinjam pakai MPK beserta buku mendapat persetujuan dari Bapak Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor.

“Dispersip Kalsel berupaya mendukung Visi tersebut dengan meningkatkan kegiatan Program Promosi Minat Baca, salah satunya adalah mendekatkan buku ketengah masyarakat. Oleh karenanya pinjam pakai MPK beserta buku merupakan terobosan bunda Nunung untuk lebih mendekatkan buku ketengah masyarakat, ” tandas Nuriyani kepada banjarmasinpost.co.id.

Hal ini dilakukan untuk efektifitas dan efisiensi gerakan peningkatkan minat baca di masyarakat Kalsel, dengan pinjam pakai MPK dan buku bacaan.

Selanjutnya pihak Dispersip HSU menganggarkan operasional dan pemeliharaan MPK tersebut.

Setiap 3 bulan sekali dilakukan pertukaran buku dengan judul yang berbeda sehingga variatif buku bacaan di MPK akan lebih dinikmati oleh Pemustaka yang dikunjungi MPK.

Dalam kesempatan ini Bupati HSU Abdul Wahid HK mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kalsel atas disetujuinya Pinjam Pakai MPK dan buku.

Lebih memotivasi meningkatkan minat baca dan mensukseskan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial.

Harapan beliau MPK ini suatu saat dapat dihibahkan Gubernur Kalsel kepada Pemda HSU guna sinergisitas dan motivasi Dispersip HSU untuk meningkatkan minat baca di HSU.

Bunda Nunung dalam sambutannya berharap agar MPK keliling tersebut dimanfaatkan semaksimalnya untuk mempromosikan minat baca dengan mengunjungi sekolah-sekolah, Pondok pesantren, desa, kecamatan Komunitas baca dikota dan pelosok HSU secara terjadwal dengan rutin sehingga perputaran buku yang dibaca oleh masyarakat akan lebih variatif.

“Hal ini merupakan kepercayaan pemerintah provinsi Kalimantan selatan atas atensi pemerintah daerah HSU selama 3 tahun terakhir menorehkan prestasi dalam hal pengembangan minat baca dan SDM perpustakaan walau dengan keterbatasan anggaran namun dapat berkreasi dan berinovasi mencerdaskan masyarakat dengan meningkatkan promosi minat baca di HSU, ” urainya.

Semoga dimasa yang akan datang Kabupaten/Kota di Kalsel lebih giat lagi meningkatkan minat baca di masyarakat seperti yang dilakukan oleh Dispersip HSU sehingga mendapat kepercayaan dari Gubernur Kalsel untuk pinjam pakai MPK beserta bukunya.

Artikel ini telah tayang di banjarmasinpost.co.id dengan judul Dispersip Kalsel Pinjamkan Mobil Pusling dan Buku ke Kabupaten HSU, https://banjarmasin.tribunnews.com/2020/09/30/dispersip-kalsel-pinjamkan-mobil-pusling-dan-buku-ke-kabupaten-hsu.
Penulis: Nurholis Huda
Editor: M.Risman Noor