Dispersip Kalsel pinjamkan 300 buku ke Lapas Banjarbaru

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan kembali melakukan kunjungan ke Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Banjarbaru menjalankan program perpustakaan keliling ke sejumlah lapas di Kalsel.

Kunjungan pusling dipimpin Kepala Bidang Pelayanan dan Pembinaan Perpustakaan Dispersip Wildan Akhyar, Senin membawakan 300 buah buku yang dipinjamkan untuk mengisi koleksi perpustakaan lapas itu. “Kunjungan pusling merupakan salah satu inovasi Dispersip Kalsel untuk menumbuhkan minat baca anggota masyarakat termasuk warga binaan lapas di sejumlah daerah di Kalsel yang rutin dikunjungi,” ujarnya.

Dijelaskan, pusling merupakan salah satu komitmen Dispersip Kalsel dalam upaya nyata memberikan layanan perpustakaan disamping mewujudkan salah satu prioritas pembangunan di Kalsel yakni masyarakat cerdas. “Kami bersyukur kunjungan pusling selalu mendapat respon positif dari lapas, apalagi ditengah pandemi COVID-19 karena kunjungan dibatasi sehingga warga binaan mengisi waktu membaca buku,” ucapnya.

Kasi Pembinaan dan Pendidikan (Binadik) Lapas Kelas IIB Banjarbaru Hardiyanto mengatakan, minat baca warga binaan cukup tinggi tetapi terkendala belum memiliki ruang perpustakaan sendiri. “Kami hanya memiliki pojok baca di dekat musala sehingga minta bantuan Dispersip Kalsel agar bisa memiliki perpustakaan refresentatif dan buku koleksinya dipinjam melalui program pusling,” katanya.

kalsel.antaranews.com