Dispersip Kalsel Perpustakaan Keliling Layani Rutan Marabahan, Masih Ada Warga Binaan Buta Huruf

Terus berkeliling memberikan layanan, armada Perpustakaan Keliling Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan mengunjungi Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Marabahan, Kabupaten Barito Kuala, Kamis (25/6/2020).

Tim dipimpin langsung Kepala Dispersip Kalsel Dra Hj Nurliani Dardie menularkan minat baca kepada siapapun, tak terkecuali warga binaan di Bumi Selidah.

Karutan Kelas II Marabahan Andi Gunawan menyambut baik dengan kedatangan tim Pusling Dispersip Kalsel. Dimana, pada kegiatan ini seluruh buku dipinjamkan kepada warga binaan di Rutan.

Menurut Andi, Rutan yang berpenghuni 226 warga binaan ini, sebagian banyak yang suka membaca, dan sebagiannya lagi ada juga yang tidak memiliki minat baca. Karena di antara mereka ada yang mengalami buta huruf. “Dikarenakan mereka ada yang cuma lulusan SD. Kebanyakan itu ada yang tidak bisa mengenal huruf, karena mungkin dulu cuma ada yang sampai SD saja. Bahkan ada yang berhenti ketika di bangku SD sehingga membuat mereka itu buta huruf,” ungkapnya.

Kendati buta huruf, Gunawan mengatakan minat mereka terhadap kegiatan Pusling Palnam disambut baik. Warga binaan pun disebutnya sangat antusias dalam menyambut kedatangan perpustakaan keliling ini. Apalagi, dengan adanya pusling ini dan sekolah paket, Gunawan memastikan warga binaannya mulai bisa mengenal huruf satu persatu.

Gunawan pun berharap, agar hubungan dengan Dispersip Kalsel bisa terus berjalan baik kedepannya. “Dan untuk rutan sendiri semoga kami dapat membenahi tempat kami dan membuat taman baca seperti apa yang kami inginkan,” tandas Gunawan.

kanalkalimantan.com