Dispersip Kalsel Peduli Tembus hingga Balai Adat Datar Ajab

Tim Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimatan Selatan peduli banjir sampai ke Desa Datar Ajab, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST). Desa di tengah pegunungan Meratus, wilayah terparah terdampak banjir bandang dan longsor di Kabupaten HST.

Menuju Desa Datar Ajab pada Kamis (11/2/2021), rombongan harus melewati jalan yang cukup ekstrim, dengan tanjakan curam hingga berlumpur. Di tengah perjalanan menuju salah satu desa terisolir itu, Kepala Dispersip Kalsel Dra Hj Nurliani Dardie beserta staf sempat terjatuh dan terguling saat menggunakan motor trail, hingga mengakibatkan luka di bagian lengan.

Setelah kurang lebih 4 jam perjalanan dari Kota Barabai, akhirnya tiba di desa tujuan. Mereka disambut langsung warga Dayak Meratus dan kepala balai adat Desa Datar Ajab. Cedera kecil yang dialami anggota rombongan ini pun diberikan perawatan dan obat.

“Alhamduillah kami dapat sampai ke desa ini, walau kami harus melewati jalan yang menegangkan, guna menyalurkan bantuan semampu kami untuk warga, dan menghibur anak-anak di sini,” ucap Kadispersip Kalsel. Pihaknya sengaja mengunjungi desa ini, lantaran jauh dari kota, dan banyak warga yang kehilangan rumah akibat banjir dan longsor.

sumber:kanalkalimantan.com