Dispersip Kalsel Kembali Terima Bantuan MPK dari Perpusnas RI

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), kembali mendapat bantuan mobil perpustakaan keliling (MPK) Dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI), yang diserahkan langsung Kepala Perpusnas RI, M. Syarif Bando kepada Hj. Nurliani, Kepala Dispersip Kalsel, di Gedung Perpusnas RI, Jumat (11/12/2020).

MPK ini merupakan bantuan yang ke-8, sejak Kadispersip Kalsel dijabat Hj. Nurliani. “Iya, bahkan tahun 2019 kemarin Kalsel mendapat 3 unit, yaitu untuk Dispersip Kalsel sendiri, Kabupaten Hulu Sungai Utara, dan Kabupaten Banjar,” papar Hj. Nurliani saat dihubungi via whatsapp.

Selain itu, tidak hanya menerima MPK, Kadispersip Kalsel yang didampingi beberapa stafnya ini, juga menerima dana alokasi khusus untuk pengembangan perpustakaan di Banua.“Atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel dan masyarakat Kalsel, kami sangat berterimakasih kepada Perpusnas RI atas berbagai bantuannya,” tambah Bunda Nunung, sapaan akrab Hj. Nurliani.

Sementara itu, Kepala Perpusnas RI, mengharapkan provinsi lain di Indonesia dapat menganggarkan untuk MPK, guna memaksimalkan layanan hingga ke daerah dan pelosok. “Bantuan MPK tersebut hanya stimulus, alangkah baiknya pemerintah provinsi dan kabupaten/kota juga menganggarkan sendiri, untuk menjangkau layanan di daerah masing-masing, seperti yang sudah dilakukan Pemprov Kalsel,” ungkapnya melalui Kadispersip Kalsel.

Kepala perpusnas
Pada kunjungan kerja (kunker) ini, Kadispersip Kalsel juga mengikuti kegiatan Peluncuran Gerakan Menanam oleh Perpusnas RI, dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia, dan mendampingi Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tabalong melaksanakan Kunker ke Perpusnas RI.

jurnalkalimantan.com