Dispersip Kalsel Jadi Narasumber Virtual di Palnam, Ini Komentar Danrem 101 Antasari

Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, kemampuan membaca dan menulis serta mengolah informasi (literasi) sangat diperlukan, terlebih informasi tentang kesehatan sangat dibutuhkan. Hal tersebut dikatakan Danrem 101/Antasari Brigjend TNI Firmansyah, saat menjadi narasumber talkshow virtual “Pemuda dan Literasi” yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan. “Jika masyarakat dengan tingkat literasi rendah akan lebih berat menghadapi virus corona. Literasi diperlukan dalam tindakan untuk mengatasi masalah kehidupan, meningkatkan kualitas hidup, dan memperbaiki kesejahteraan,” kata Danrem 101 saat tampil daring pada Senin (26/10/2020).

Dikatakan Danrem 101, literasi yang rendah bisa berdampak kepada perilaku, sehingga bisa berisiko dan memperburuk kesehatan. Ia mengingatkan, agar jangan panik dan gunakan nalar kritis dalam melihat, mendengar dan membaca informasi tentang Covid-19. “Mencari tahu secara mendalam cara mencegah, menghindari dan mengobati jika terpapar. Bantu kerja Satgas Covid-19 dengan bersikap ramah, peduli dan empati pada dokter, tenaga medis, TNI-Polri, termasuk kepada pasien dan jenazah Covid,” ucapnya.

Sementara itu, Kadispersip Kalsel Hj Nurliani Dardie mengatakan, dengan talkshow tersebut diharapkan tumbuh semangat kebersamaan pemuda, dalam hal ini mengelola informasi dari literasi. Pemuda adalah generasi penerus, jika penerus tak memiliki kemampuan dan penguasaan literasi di era seperti saat ini tentunya akan dilindas zaman. “Kunci keselamatan bangsa menjadi poin penting disamping semangat pantang menyerah,
ditanamkan sikap rela berkorban, kita bisa bangkit bersama dan melawan Covid-19 dan salah satu modalnnya adalah literasi,” kata Nurlianie. Sebelum acara berlangsung, Nurliani biasa disapa Bunda Nunung tersebut juga mengajak Danrem 101 Antasari, Brigjen TNI Firmansyah berkeliling perpustakaan Palnam.

Acara yang diikuti sekitar 500 peserta tersebut juga menghadirkan M Syaripuddin (Bang Dhin), Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalsel dan Prof Dr H Mujiburrahman MA, Rektor sekaligus guru besar sosiologi agama UIN Antasari sebagai narasumber. “Terimakasih banyak kepada narasumber yang bersedia meluangkan waktunnya kepada kami apresiasi kepada peserta yang ikut dalam acara tersebut,” ucap Bunda

kanalkalimantan.com