Dispersip Kalsel Hadirkan Najwa Shihab

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) kembali menggelar talk show virtual atau webinar. Kali ini Dispersip mengundang duta baca, sekaligus jurnalis kondang Indonesia, yakni Najwa Shihab.

Mengangkat tema “Nikmatnya Membaca Buku” dan menggandeng sosok inspiratif, jumlah peserta mencapai 3.662 orang. Padahal kuota yang tersedia hanya 1.000 orang. Karena lonjakan peserta kian signifikan, maka talk show virtual kali ini digelar di dua platform sekaligus. Yakni lewat Zoom Meeting dan youtube Live.

Menurut Kepala Dispersip Kalsel, Hj Nurliani Dardie, kuota sudah hampir terpenuhi hanya dalam waktu kurang dari satu hari. “Setelah dibuka, dalam hitungan jam saja antusiasme peserta tak terbendung,” kata perempuan yang akrab disapa Bunda Nunung ini kepada media. “Beberapaa jam setelah pendaftaran dibuka, peserta yang mendaftar sudah ada ratusan. Saat menjelang malam, bahkan sudah mencapai 1.234 orang. Dan pada saat penutupan pendaftan Selasa (21/7/2020) malam, total peserta mencapai 3.662 orang,” tambahnya.

Kegiatan kali ini, papar Bunda Nunung, merupakan salah satu bantuan dari Perpustakaan Nasional RI dan Duta Baca Indonesia, yang tiap tahunnya rutin menggelar roadshow di 7 provinsi maupun kabupaten/kota, untuk mengedukasi masyarakat mengenai budaya literasi. “Kalau tidak ada pandemic Covid-19, pasti kami lakukan secara tatap muka. Namun karena keadaan tidak memungkinkan, jadi kami kemas dalam bentuk talkshow virtual,” ujarnya.

Bunda Nunung mengungkapkan, pihaknya mendapat ucapan selamat dari Rosidayati Rozalina selaku Ketua Umum IKAPI. Rozalina mengapreasiasi webinar yang diselenggarakan Jumat besok (24/7/20) oleh Dispersip Kalsel. “Sebuah terobosan mengesankan di Dispersip Kalsel yang menyelenggarakan talkshow virtual ini. Semoga upaya ini bisa meningkatkan minat baca buku masyarakat, khususnya di Kalimantan Selatan,” katanya.

Bunda Nunung berharap, agar spirit dari kegiatan ini dapat menginspirasi semua pemangku kepentingan perbukuan, untuk terus bersemangat menyemarakkan dunia literasi di tengah wabah pandemi Covid-19 ini.

maknanews.com