Dispersip Kalsel Gelar Webinar Penyelamatan Arsip Pemilu, Buruan Daftar

Webinar digelar dengan mengusung tema ‘Penyelamatan Arsip Pemilu di Kalsel’ yang akan diselenggarakan, Kamis (14/1/2021) mendatang. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Kadispersip) Kalsel, Nurliani mengatakan dalam konteks perjalanan bangsa dan negara, pelaksanaan Pemilu pada khususnya. Sedangkan, Pemilu pada umumnya merupakan momentum yang sangat bermakna karena mentukan figur-figur pemimpin, baik nasional maupun daerah. “Alhamdulillah sekitar sebulan yang lalu telah dilangsungkan Pemilukada serentak di 270 daerah, 8 daerah di antaranya di Kalimantan Selatan, yakni Provinsi Kalimantan Selatan, Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Balangan, Kabupaten Tanah Bumbu, Kabupaten Kotabaru, Kabupaten Banjar, dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Tahapan Pemilu tersebut masih terus berjalan,” kata Bunda Nunung sapaan akrabnya.

Mengingat sejarah, pada Pemilu di Era Reformasi ini adalah yang paling rumit setelah Pemilu Pertama Tahun 1955 dan Pemilu Era Orde Baru. Jejak pelaksanaan Pemilu ini tentunya harus diwariskan kepada generasi mendatang karena merupakan gambaran obyektif tentang sejarah politik dari masa ke masa sesuai jamannya. “Gambaran obyektif tentang pelaksanaan Pemilu tersebut hanya dapat dibaca dan dipelajari dari arsip yang diselamatkan, dilestarikan, dan dimanfaatkan,” ujarnya.

Dalam Webinar ini, nantinya menghadirkan narasumber dari pejabat yang kompeten dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), yakni Rudi Anton, selaku Direktur Akuisisi,Tato Pujiarto, Koordinator Akuisisi Arsip I. Webinar ini terbuka untuk umum, jika berminat bisa mendaftarkan diri melalui link http://bit.ly/Arsip-Pemilu pendaftaran gratis dengan kouta terbatas.

www.terasbanua.com